Sabtu, 20 April 2024

Wagub Jatim : HKSN Jadikan Pedoman Penguatan Semangat Kebersamaan

Diunggah pada : 14 Desember 2022 17:34:33 38
Wagub Jatim melepas mobil rescue

Jatim Newsroom -Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Jawa Timur 2022, dibuka secara langsung oleh di Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, di Hotel Novotel Samator, Surabaya, Rabu (14/12). Dalam sambutannya, Wagub Emil menekankan pentingnya semangat kebersamaan dan gotong royong bagi masyarakat. Mengingat, gotongroyong merupakan budaya yang sudah sejak dulu menjadi salah satu pedoman bangsa.

"Di hari yang bersejarah ini seluruh lapisan masyarakat ingin menunjukkan kedaulatan sebuah negara, bukan hanya diwujudkan dengan pemerintahan yang berdiri sendiri, tetapi juga masyarakat yang teguh dan setia pada cita-cita kemerdekaan. Cita-cita kemerdekaan ini adalah mewujudkan tatanan bangsa masyarakat yang mengamalkan semangat Pancasila, dan ingatlah sila kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradab," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, kemerdekaan yang telah diproklamirkan harus dibuktikan dan dipertahankan. Banyak sekali elemen masyarakat yang berjuang dan juga tentunya terdampak, kemudian setelah perang selesai muncullah masalah-masalah sosial.

"Pemerintah tentunya punya banyak sekali keterbatasan untuk bisa memenuhi harapan. Oleh karena itu diperlukan pekerja sosial. Dengan semangat kebersamaan jiwa gotong royong yang luar biasa para pekerja sosial ini muncul meneruskan perjuangan para pahlawan," terangnya.

Pada saat ini, kata Emil, perjuangan akan lebih berat karena yang dihadapi bukan penjajahan asing, tapi bangsa sendiri, salah satunya adalah mengalahkan diri sendiri untuk bisa menghilangkan segala ego untuk mau menjadi individu yang berkorban demi masyarakat bangsa dan negara.

Yang tidak kalah penting kata Emil, saat ini adalah menguasai teknologi yang seharusnya bisa digunakan dalam hal gotong royong dan sinergi antara generasi. 

"Betapa bangganya kami kepada masyarakat yang mengabdikan diri bukan untuk status, tapi untuk tujuan hidup bersama. Jadi mudah-mudahan kesetiakawanan sosial ini menjadi momen yang berarti bagi kita semua," pungkasnya.

Kepala Dinas Sosial Prov Jatim, Alwi, menambahkan, kesetiakawanan sosial merupakan bagian dari nilai sikap dan perilaku prososial yang berakar dalam konteks Tata budaya Nusantara dan masyarakat Indonesia yang sangat majemuk berdasarkan Pancasila. Nilai dasar ini mengandung spektrum kesantunan serta kepedulian sosial yang mendasar dan kontekstual dilandasi kesadaran dan tanggung jawab dan kepada seluruh komponen masyarakat bangsa dan negara.

Dikatakannya, kegiatan ini dimaksudkan untuk menjadi gerak dasar untuk memudahkan dan memperpanjang penyelenggaraan kesetiakawanan sosial secara terkoordinasi, sinergis, terencana, terarah dan berkelanjutan. "Kegiatan ini bertujuan terwujudnya tata kehidupan dan penghidupan masyarakat yang dilandasi oleh nilai-nilai kesetiakawanan sosial, terciptanya kondisi sosial yang menjamin kesetiakawanan sosial dan mampu menjadi pilar dasar dalam mewujudkan Indonesia sejahtera," katanya.

Pada kesempatan tersebut juga diluncurkan dua unit mobil rescue dan 34 sepeda motor untuk percepatan penjangkauan penanganan PPKS.(ern/s)

#dinsos #dinsos jatim