Rabu, 24 April 2024

Wagub Jatim Hadiri Sertijab Danlantamal V Surabaya

Diunggah pada : 19 Mei 2023 11:59:06 353
Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah (kiri) bersama Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak saat sertijab di Lapangan Apel Mako Lantamal V Perak Surabaya, Jumat (19/5/2023)/ Sugeng

Jatim Newsroom - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak bersama Forkopimda menghadiri prosesi Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Lantamal (Danlantamal) V Surabaya  dari Laksma TNI Supardi kepada  Laksamana Pertama (Laksma) TNI, Eko Wahjono.

Sertijab dipimpin Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah di Lapangan Apel Mako Lantamal V Perak Surabaya, Jumat  (19/5/2023).

Sebelum menjabat  Laksma,  Eko Wahjono menjabat Kadisopiatal Mabesal Jakarta. Sedangkan Laksma TNI Supardi mendapat amanah menempati jabatan Wadan Kodiklatal.

Dalam sambutannya, Dankoarmada II menyampaikan, Sertijab merupakan tuntutan amanah dalam dinamika organisasi, bukanlah kegiatan rutin atau seremonial.  "Sertijab merupakan bagian dari proses perkembangan dan kinerja organisasi  serta bentuk puji syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala hasil kerja yang telah dicapai sekaligus sebagai pernyataan diri dan janji kita untuk terus mampu berkarya dengan optimal," katanya.

Menurutnya, kegiatan operasi laut tidak akan berjalan optimal tanpa diimbangi aspek pendukung yang baik dan memadai,  karena itu Lantamal sebagai komando pelaksanaan dukungan bagi unsur-unsur TNI Angkatan Laut mempunyai kedudukan yang sangat penting dan strategis pangkalan, dan merupakan ujung tombak dalam pembinaan potensi maritim dalam rangka mendayagunakan seluruh potensi nasional,  mendukung inti kekuatan pertahanan negara di laut.

Di sisi lain sebagai satuan tugas keamanan laut Lantamal diharapkan mampu meningkatkan kerjasama dengan aparatkan dan terkait demi tercapainya penegakan hukum di laut guna dan berdaya guna. Sejauh ini kegiatan Satgas keamanan laut telah memberikan kontribusi positif dalam menjaga stabilitas keamanan.

Dalam kesempatan itiu Dankoarmada II  sampaikan beberapa penekanan untuk dijadikan bekal dalam mengawasi tugas. Pertama, tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah subhanahu wa ta'ala sebagai landasan dalam setiap pelaksanaan tugas.

Kedua jabatan adalah amanah oleh karena itu laksanakan dengan penuh keikhlasan pelihara jati diri sebagai prajurit pejuang yang dijiwai oleh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta silsilah TNI Angkatan Laut.

Ketiga, ciptakan iklim yang kondusif di lingkungan kerja, jalin komunikasi dan koordinasi yang harmonis dengan Forkopimda wilayah dan instansi. Keempat jabarkan kegiatan yang lebih aplikasi dalam menentukan dan mengamankan pembangunan nasional, khususnya pembangunan. Kelima tingkatkan profesionalisme prajurit dengan dilandasi oleh moral yang kuat. (hjr)

#pangkoarmada II #Danlantamal V