Senin, 22 Juli 2024

Wagub Emil Beri Penguatan Jamaah Berkebutuhan Fisik Khusus

Diunggah pada : 15 Juni 2023 14:55:29 31
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, berbincang dengan calon jamaah haji embarkasi Surabaya kloter 58 asal Kab. Bondowoso di Asrama Haji, Rabu (14/6). Foto: dok. Humas Jatim

Jatim Newsroom -  Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak meninjau kondisi jamaah haji embarkasi Surabaya kloter 58 asal Kab. Bondowoso di Asrama Haji, Rabu (14/6).

Wagub yang akrab disapa Emil itu berkesempatan melihat langsung keadaan beberapa jamaah yang memiliki kebutuhan khusus. Yakni mereka yang harus menggunakan kursi roda dan kondisi fisik yang tidak cukup kuat.

"Saya hanya menguatkan agar mereka bisa tenang. Bahwasanya petugas-petugas kita sudah terlatih dengan SOP dan prosedur yang terbaik untuk bisa melayani mereka," ujarnya.

Untuk itu, Emil mengimbau agar para jamaah tidak khawatir dan fokus pada pelaksanaan ibadah. Sebab, kesempatan berhaji ini harus dipergunakan sebaik-baiknya tanpa harus memikirkan keterbatasan yang ada.

"Kita berusaha agar mereka bisa fokus memaksimalkan ibadah selama di sana. Jangan terlalu banyak beban pikiran. Walaupun mobilitasnya terbatas, tetapi di manapun anda berada di Makkah, adalah tempat yahg makbul. Entah shalatnya, baca Qur'annya, nilainya berkali-kali lipat," terangnya.

Kepada seluruh jamaah, mantan Bupati Trenggalek itu juga mengingatkan untuk menjaga ketertiban dan kesehatan. Pasalnya, seluruh jamaah haji dunia akan berkumpul di Tanah Suci dan potensi timbulnya hal-hal yang tak diinginkan akan selalu ada.

"Oleh karena itu, harus mengikuti apa yang sudah diatur. Pemerintah sudah berusaha memberikan sebuah skema agenda yang Insya Allah akan memaksimalkan kemubarokan selama berada di sana. Kalau tidak diikuti nanti bisa chaos," tuturnya.

"Selain itu, di pesawat memang sudah tidak ada kewajiban menggunakan masker. Tapi tetap petugas harus mengecek jamaah. Jadi yang sudah menunjukkan tanda-tanda flu langsung dikasih masker supaya terjaga dan aman," tambah Emil.

Lebih jauh, dirinya juga mengapresiasi para petugas yang mendampingi para jamaah. Ia mengatakan, pelayanan yang diberikan sejauh ini sangat baik dari berbagai sisi.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas yang telah mendedikasikan tenaga dan pikirannya serta waktunya untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Alhamdulillah, pelayanan yang diberikan dari mulai medis sampai penjagaan sangat luar biasa," pungkasnya.

Di akhir, sebagai Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Jawa Timur, Emil mengatakan bahwa dirinya akan menyambut kepulangan para jamaah sebagai keluarga IPHI yang baru.

"Begitu kembali, nanti slogannya adalah Mabrur Sepanjang Hayat. Karena kemabruran ini memang harus dipupuk sepanjang hayat bersama-sama sebagai saudara," jelasnya.

Sebagai informasi, Jawa Timur memiliki 84 kloter dengan jumlah jamaah mencapai 36.518 orang yang didampingi oleh 420 petugas. Sehingga, total mereka yang diberangkatkan adalah 36.938 orang.

Hingga saat ini, sudah ada 25.334 jamaah dan 290 petugas yang diberangkatkan. Ini berarti, persentase keberangkatan sudah mencapai 69%.

Kloter 58 ini sendiri merupakan jamaah yang seluruhnya berasal dari Kab. Bondowoso. Total jamaah ada 445 orang yang terdiri dari 242 pria dan 203 wanita. Rencananya, mereka akan take-off dari Bandara Internasional Juanda pada pukul 14.10 WIB.(red)

 

#Emil Elestianto Dardak #Wakil Gubernur Jatim #Haji