Sabtu, 20 April 2024

Wabup Lamongan: Duta Genre Role Model Remaja

Diunggah pada : 8 Maret 2023 16:31:53 62
Foto: Dok. Diskominfo Lamongan

Jatim Newsroom - Duta genre merupakan role model dan motivator bagi remaja untuk mensosialisasikan dan mempromosikan program genre yang lebih efektif. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Lamongan, Abdul Rouf, pada acara Grand Final Duta Genre Kabupaten Lamongan Tahun 2023, di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Rabu (8/3/2023).

“Saya juga yakin, bahwa anak muda ini akan menjadi teladan, pelopor, motivator, serta promotor yang baik bagi anak-anak ataupun remaja yang lain. membantu pemerintah menyiapkan generasi muda yang sehat, produktif dan berkualitas, agar mampu meraih bonus demografi serta indonesia emas tahun 2045,” tutur Wabub Rouf, dikutip dari rilis Pemkab Lamongan.

Pasalnya, remaja sebagai generasi harapan bangsa, harus dipersiapkan secara berkualitas, memiliki kecerdasan intelektual, spiritual serta emosional yang kuat untuk mencapai Indonesia yang maju di segala bidang. 

Melalui duta genre yang berusia 16 hingga 20 tersebut, kata Pak Rouf, dapat menginfluencer teman sebaya atau remaja lain dalam meminimalimalisis dan menekan permasalahan terkait seksualitas hiv/aids, penyalahgunaan narkoba, kesehatan reproduksi, usia menikah yang ideal, hingga lainnya melalui dua pendekatan yaitu Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) dan program Bina Keluarga Remaja (BKR).

“Kita kedepan ini mau apa, mau jadi apa, manusia sebagai mahluk yang paling hebat dengan talenta-talentanya sendiri itu bisa diciptakan dan direncanakan untuk generasi depannya, dengan cara mengajak, mempengaruhi dan mengubah perilaku remaja ke arah yang lebih baik,” kata Wabub Rouf.

Ia berharap, finalis duta genre yang terpilih dapat mengimplementasikan makna dari generasi berencana kepada masyarakat. “Menjadi duta genre jangan hanya formalitas saja . Dan untuk semuanya juga mari terus perkaya diri, dan sebarkan program-program genre. Ikut berkontribusi langsung di masyarakat, untuk Kabupaten Lamongan semakin hebat dan Indonesia emas di tahun 2045,” harap Wabub Rouf.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Lamongan drg. Fida Nuraida melaporkan, kegiatan yang ditujukan untuk terciptanya duta genre yang mampu menjadi role model dan motivator remaja dalam mensosialisasikan dan promosi program genre tersebut terdapat beberapa tahap seleksi yang dilakukan mulai dari seleksi administrasi, tes tulis dan wawancara, uji talent hingga ke grand final. 

“Terdapat beberapa tahap yang kita lakukan untuk menjaring peserta duta genre, di awal pendaftaran terdapat sebanyak 115 peserta, sedangkan yang lolos administrasi ada 109 peserta, kemudian dilakukan tes tulis dan wawnacara 40 peserta, uji talent 18 peserta yang terdiri dari 9 peserta dari putra dan putri, hingga akhirnya bisa masuk ke grand final hari ini,” ujarnya.

Melalui proses panjang yang dilalui sejak 1 Februari lalu, Duta Genre Kabupaten Lamongan Tahun 2023 menobatkan Zaky Muhammad sebagai juara 1 putra dan Amira Azahra sebagai juara 1 putri, disusul Nizartio C dan Firda Aulia Putri sebagai juara 2, serta Fahrus Surya Ardinata dan Meyline Nabila sebagai juara 3. (ghf/hjr)

#bkkbn #Kabupaten Lamongan