Kamis, 22 Februari 2024

Wabub Pasuruan : Tahun ini Kab Pasuruan Targetkan Raih Predikat KLA Kategori Utama

Diunggah pada : 16 Maret 2023 11:30:10 8
Foto : Dokpim Kab Pasuruan

Jatim Newsroom - Wakil Bupati Pasuruan, Abdul Mujib Imron mengatakan tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Pasuruan menargetkan tahun ini bisa meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Utama.

Hal tersebut seperti  saat membuka Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak di Gedung Mpu Sinduk Graha Maslahat, Rabu (15/03/2023). Menurutnya, target tersebut memang tidak mudah, namun apabila semua stake holder kompak, maka akan dapat tercapai. “Minimal kita dapat kategori Nindya, tapi kalau Utama bisa, kenapa tidak," ujarnya.

Kabupaten Pasuruan masih berpredikat KLA Kategori Madya. Untuk bisa mencapai Utama, maka 24 indikator pemenuhan hak dan perlindungan anak yang secara garis besar tercermin dalam lima cluster hak anak, harus dipenuhi.

Kelima cluster tersebut menurut Wabub adalah hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus bagi 15 kategori anak.

"Memang butuh effort yang luar biasa. lima kluster hak anak harus bisa mencerminkan dalam 24 indikator pemenuhan hak anak," terangnya.

Wabub juga mengatakan untuk bisa memenuhi seluruh kriteria tersebut, komitmen lintas sektor sangat dibutuhkan. Peran dunia usaha, termasuk media juga harus ikut membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak. (yan/n)

#kabupaten pasuruan