Kamis, 25 April 2024

Wabub Pasuruan : Semua Ormas Harus selalu Berpegang Kepada Pancasila

Diunggah pada : 17 April 2022 14:08:09 50
Wabub PAsuruan Mujib Imron

Jatim Newsroom - Wakil Bupati Mujib Imron menegaskan semua organisasi masyarakat (ormas) di tanah air harus selalu berpegang kepada Pancasila. Pancasila sebagai pemersatu masyarakat dan pengarah motivasi bangsa untuk mencapai cita-cita. Maka tidak ada nilai tawar lagi bagi ormas untuk menjadikannya pedoman dalam kontribusinya di masyarakat.

“Jadi jangan dipertentangkan antara Pancasila dengan Al Qur’an, Hadist, kita sebagai bangsa wajib memegang Pancasila dan UUD 45. Temasuk ormas, asas dan dasarnya adalah Pancasila dengan mengikuti dan berakidah ahlussunnah wal jamaah. Artinya, kewajiban kita, ormas apapun harus patuh kepada Pancasila. Menurut ulama-ulama yang memutuskan waktu itu juga menyepakati. Inilah yang harus kita pegang sebagai bangsa Indonesia,” kata Wabub pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pasuruan di Graha PCNU Kabupaten Pasuruan, Sabtu (16/4/2022).  

Menurut Wakil Bupati, dengan berpedoman kepada nilai-nilai luhur Pancasila, baik Nahdatul Ulama, Muhamamdiyah maupun ormas Islam lainnya diharapkan mampu berpartisipasi aktif dalam pembangunan. Tentunya atas dasar Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang memiliki fungsi utama sebagai dasar negara Indonesia.

“Terkait sosialisasi ormas, bahwa NU tahun 1983 sudah memutuskan bahwa satu-satunya asas di Indonesia adalah Pancasila. Artinya, monggo Pancasila kita buat sebagai pegangan bangsa Indonesia dan sebagai orang muslim tetap Al Qur’an dan Hadist,” tuturnya.(yan/n)

#pasuruan