Kamis, 1 Desember 2022

Wabub Pasuruan : Masyarakat agar Berpartisipasi Aktif Dalam Penanggulangan Cacar Monyet.

Diunggah pada : 22 September 2022 11:10:50 31
Wakil Bupati Pasuruan dalam Sosialisasi Kewaspadaan Monkeypox bagi masyarakat, Rabu (21/9/2022).

Jatim Newsroom - Wakil Bupati Mujib Imron meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar berpartisipasi aktif melakukan upaya preventif dan penanggulangan terhadap penyakit monkeypox atau cacar monyet.

Penyakit monkeypox tidak hanya berpengaruh terhadap individu dan keluarga saja, tetapi berdampak sosial yang luas. Diantaranya sangat berpotensi menimbulkan stigma dan beban ekonomi yang berat.

‘Mari kita bersama-sama memikirkan penanggulangan Monkeypox lebih optimal. Ayo kita saling sinergi dan kerjasama. Pemkab Pasuruan mengajak semua elemen masyarakat, swasta maupun LSM untuk mengambil peran dalam melakukan edukasi di lingkungan masing-masing,” ucap Wakil Bupati yang disampaikannya dalam Sosialisasi Kewaspadaan Monkeypox bagi masyarakat, Rabu (21/9/2022).

Gus Mujib sapaannya menekankan tentang pentingnya keterlibatan sosial yang mampu menggerakkan, mendorong sekaligus membina partisipasi masyarakat dalam penanggulangan monkeypox. Hal itu selaras dengan tujuan pembangunan kesehatan yaitu meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk hidup sehat.

“Alangkah baiknya jika kita semua mengenal lebih jauh tentang segala sesuatu yang menyangkut monkeypox. Supaya kita tidak menjadi takut, tapi lebih waspada dan tanggap. Sehingga penanggulangannya akan lebih optimal jika semua lapisan masyarakat diikutsertakan secara aktif,” tambah Wabub didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan, dr Ani Latifah.

Forum diskusi yang digelar di Pendopo Kantor Kecamatan Grati tersebut dihadiri perwakilan dari beberapa komunitas. Seperti Komunitas HIV (SSR Fatayat, Mahameru, Paramitra) dan Populasi Kunci se-Kabupaten Pasuruan, Forkompimca dan Kepala Puskesmas Grati serta Kepala Puskesmas Kedawung Wetan. (yan/n)

 

 

 

#pasuruan