Minggu, 25 September 2022

Wabub Pasuruan Imbau Warganya Rajin Lakukan Mitigasi Bencana Secara Mandiri

Diunggah pada : 4 Agustus 2022 11:34:54 44
Wabub Mujib Imron pada pengajian rutin Khotmil Qur’an yang digelar secara hybrid pada hari ini, Kamis (4/8/2022)

Jatim Newsroom - Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron, mengimbau kepada seluruh warga agar rajin melakukan mitigasi bencana secara mandiri sebagai upaya untuk mengurangi risiko bencana, terutama dalam meningkatkan kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana, seperti melakukan deteksi dini terhadap kondisi cuaca. Hal itu menyusul kondisi cuaca yang tidak menentu dalam beberapa hari terakhir.

“Kami mohon kita semuanya mewaspadai cuaca yang tidak menentu. Di beberapa wilayah sudah mulai hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kami mohon mengantisipasinya,” ujar Wakil Bupati.

Hal ini disampaikan Wabub usai pengajian rutin Khotmil Qur’an yang digelar secara hybrid pada hari ini, Kamis (4/8/2022) pagi,

Gus Mujib sapaannya juga menginstruksikan kepada BPBD Kabupaten Pasuruan supaya terus meningkatkan pendataan potensi bencana. Tidak hanya memantau secara intens kawasan rawan banjir saja, melainkan juga kawasan rawan kekeringan. Jika sudah ada laporan tentang masalah kekeringan, maka dimohon ditindaklanjuti segera.

Untuk meminimalisir kerugian sekaligus mengantisipasi agar tidak menimbulkan korban jiwa akibat bencana alam, Pemkab Pasuruan menetapkan kawasan rawan bencana. Ada  11 Kecamatan berada dalam kategori rawan banjir. Diantaranya, Gondang Wetan, Winongan, Rejoso, Grati, Beji, Gempol, Bangil, Purwosari dan Kraton.

Menurut data BPBD, ada puluhan Desa di beberapa Kecamatan yang masuk dalam kategori rawan kekeringan. Diantaranya, Desa Cukurguling di Kecamatan Lumbang dan beberapa Desa di Kecamatan Lekok, Winongan, Pasrepan, Gempol dan Grati.

Sebagai langkah kesiapsiagaan, disiapkan 6 armada truk tangki yang siap mendistribusikan bantuan air bersih, kapanpun dibutuhkan yang  disupport oleh Dinas Sosial, BPBD, Cipta Karya dan PDAM. (yan/s)

#pasuruan