Jumat, 19 April 2024

Wabub Pasuruan : Agar Kades Perjuangkan Warganya Terkait Program RTLH

Diunggah pada : 8 Juli 2022 13:59:29 85
Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron

Jatim newsroom - Wakil Bupati Mujib Imron menginstruksikan kepada pimpinan wilayah bersama Kepala Desa dan Perangkat Desa untuk betul-betul memperjuangkan warganya, utamanya dalam menginventarisir dan mendata calon penerima program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH ) yang benar-benar memenuhi syarat.

“Dibutuhkan pola komunikasi yang efektif dalam pelaksanaannya di lapangan. Baik antara Camat dengan Kepala Desa maupun dengan Sekretaris Desa. Tidak terkecuali berkomunikasi intens dengan Tim Pendamping RTLH. Pak Kades dan Sekdes perlu memperjuangkan warganya yang berhak mendapatkan RTLH. Karena rakyat perlu sejahtera dari tempat tinggal juga. Maka mohon ada komunikasi yang baik dengan BPD-nya. Karena ini program tahunan, setiap tahun pasti ada,” pesan Wakil Bupati.

Wakil Bupati meminta kepada Kades agar melengkapi regulasi yang telah ada terkait RTLH. Hal ini sangat berguna jika semisal Pemerintah Desa membutuhkan anggaran tambahan untuk pengoptimalan pelaksanaannya.

“Di Desa perlu dianggarkan jika perlu tambahan regulasi untuk memaksimalkan RTLH. Bisa dibuatkan melalui Perbup biar ada payung hukumnya. Sedianya Pemkab Pasuruan siap bangun 1.174 RTLH. Hanya saja untuk sementara ini sekitar 450 yang lolos untuk tahun ini,” ungkap Wabub pada saat memberikan arahan di Ruang Pertemuan Kecamatan Kejayan, Kamis (7/7/2022) siang.

Wakil Bupati juga menyampaikan rasa terimakasih  kepada seluruh Kades sehingga perbaikan RTLH di setiap desa  terlaksana dengan baik.

“Bapak Bupati dan saya serta perangkat semuanya siap membantu terlaksananya program. Terimakasih Pak Kades sudah banyak membantu suksesnya perbaikan RTLH di desa masing-masing,” ucap Wakil Bupati.

Diketahui, total ada 13 unit rumah yang diperbaiki melalui program RTLH di Kecamatan Desa. Tersebar di 8 Desa, masing-masing, Ambal-Ambil 1 unit rumah, Lorokan 2 unit rumah, Tanggulangin 1 unit rumah, Randugong 3 unit rumah, Wangkal Wetan 2 unit rumah, Klinter 2 unit rumah, Sladi 1 unit rumah, Pacar Keling 1 unit rumah.

Di Kecamatan Pohjentrek, total ada 24 unit yang tersebar di 8 Desa. Seperti Logowok 6 unit,  Susukanrejo 1 unit, Parasrejo 3 unit, Pleret 1 unit rumah, Sungi Kulon 1 unit, Sungi Wetan 1 unit, Tidu 8 unit, Warungdowo 3 unit.

Sedangkan di kecamatan Wonorejo terdapat 9 unit yang tersebar di 8 Desa. Semisal Sambisirah 2 unit, Cobanblimbing 1 unit, Jati Gunting 1 unit, Karangasem 1 unit, Karang Menggah 1 unit, Karangjati Anyar 1 unit, Lebaksari 1 unit, Pakijangan 1 unit rumah.

Di Kecamatan Rembang ada 22 unit yang tersebar di 6 Desa.  Masing-masing di Kedungbanteng 6 unit, Krengih 1 unit, Kalisat 4 unit, Kanigoro 1 unit, Oro Bulu 9 unit, Oro-oro Ombo Kulon 1 unit.

Bantuan perbaikan RTLH setiap unit sebesar Rp 15.000.000 juga diberikan kepada Kecamatan Kraton. Ada 26 unit yang tersebar di 14 Desa. Yaitu Ngabar 2 unit, Kebotohan 2 unit, Mulyorejo 2 unit, Tambaksari 1 unit, Plinggisan 1 unit, Dhompo 3 unit rumah, Ngempit 1 unit, Jeruk 1 unit, Karanganyar 1 unit, Curah Dukuh 5 unit dan Desa Kalirejo 1 unit. Berikut Desa Bendungan 2 unit, Gerongan 1 unit dan Desa Kraton 3 unit rumah. (yan/n)

 

 

#pasuruan