Kamis, 1 Desember 2022

Verifikator dan Operator Sata Jatim Hadiri Desk Pemenuhan Metadata Sektoral 2022

Diunggah pada : 6 Oktober 2022 14:40:25 29
Rapat Koordinasi dan Desk Pemenuhan Metadata Sektoral 2022, Kamis (6/10/2022) di AMG Tower Surabaya.

Jatim Newsroom – Implementasi kebijakan SATA Jatim diharapkan menjadi solusi bagi pemerintah Jawa Timur, masyarakat dan kalangan usaha untuk mendapatkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, mudah diakses, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Data dan Statistik, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim), Nirmala Dewi saat menyampaikan laporan kegiatan Rapat Koordinasi dan Desk Pemenuhan Metadata Sektoral 2022 kepada Kepala Diskominfo Jatim, Hudiyono, Kamis (6/10/2022) di AMG Tower Surabaya. 

Dewi menjelaskan kegiatan ini dihadiri oleh 1 (satu) orang verifikator dan 1 (satu) orang operator portal SATA Jatim di lingkungan Pemprov Jatim sejumlah 116 orang.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Dinas Kominfo Jatim memiliki peran yang sangat strategis dalam penyampaian informasi kepada masyarakat termasuk informasi tentang data–data yang ada di pemerintah daerah. Hal tersebut tidak terlepas dari peran Diskominfo sebagai walidata,” kata Dewi. 

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong peran aktif dan partisipatif perangkat daerah selaku produsen data dalam mengelola data dengan baik dan memberikan kontribusi terhadap terselenggaranya Satu Data Jawa Timur. 

“Selain itu, juga untuk tercapainya pemenuhan dan kelengkapan data statistik sektoral yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dibagipakaikan kepada pengguna data, serta menetapkan daftar data yang memenuhi kualifikasi data terbuka,” pungkas Dewi. (idc/n)

#Diskominfo Jatim #satu data #sata jatim