Selasa, 29 November 2022

UPT RSBN Rutin Beri Bimbingan Baca Tulis Braille

Diunggah pada : 5 Oktober 2022 17:16:22 10
UPT RSBN Malang Gelar Kegiatan BTB Bagi PM Distra

Jatim Newsroom- Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Malang rutin memberi bimbingan Baca Tulis Braille (BTB) di Kelas Persiapan pada Penerima Manfaat (PM) Disabilitas Netra (Distra). Bimbingan dilakukan setiap hari Senin, Rabu dan Jumat dalam bentuk pendampingan individu.

Untuk belajar mengenal dan memahami abjad huruf braille, diberikan pada yang  masih belum  pernah sekolah. Sedangkan bagi PM yang sudah pernah sekolah dan sudah mengenal tulisan huruf abjad awas, mereka belajar merangkai huruf braille dengan latihan menulis kalimat yang sederhana dan belajar menulis angka dalam  bentuk huruf braille.

"Selama  bimbingan penerima manfaat didampingi oleh Instruktur Vokasional, Lilis  Eko Indayati," ujar Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, di kantornya, Rabu (5/10.2022).

Firdaus mengatakan, bimbingan keterampilan BTB sangat diperlukan oleh para disabilitas netra, karena bermanfaat bagi saat mereka kembali ke masyarakat. Terutama bagi disabilitas netra yang ingin mengembangkan pengetahuannya.

Sementara itu, Instruktur BTB, Lilis  Eko Indayati, berharap PM semakin giat dalam belajar BTB, Karena sekarang pun pemerintah juga mulai memperhatikan kaum disabilitas terutama netra dengan mulai memberikan tanda-tanda yang memang khusus untuk netra, yaitu braille di setiap fasilitas umum, antara lain mesin ATM, mall, juga jalan. (her/s) 

#dinsos jatim