Minggu, 25 September 2022

UPT RSBN Malang Gelar Lomba Goal Ball bagi PM DISTRA

Diunggah pada : 10 Agustus 2022 16:39:21 483
lomba goall ball

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Malang Dinas Sosial Jawa Timur (Dinsos Jatim) mengadakan, lomba goall ball bagi para Penerima Manfaat Disabilitas Netra (PM Distra) yang di gedung atletik UPT RSBN Malang.

Dari berbagai lomba yang biasa dilakukan pada perayaan 17 Agustus, ada satu lomba yang menarik untuk dilakukan oleh tunanetra dan diambil dari salah satu cabang olahraga di Asian Para Games. Lomba olahraga itu adalah Goal Ball.

Lantaran olahraga ini diperuntukkan bagi atlet tunanetra total, maka atlet yang masih memiliki pandangan atau low vision harus ditutup matanya menggunakan alat yang disebut eye shades. Peserta lomba goal ball terdiri dari wisma flamboyan,wisma kenanga,wisma kemuning,wisma wijaya dan wisma cempaka. Dengan di dampingi oleh para instruktur acara lomba ini berlangsung meriah dan penuh semangat.

Ka.UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan mengatakan, Goal Ball adalah pertandingan memasukkan bola ke dalam gawang lawan dengan menggunakan tangan. satu tim terdiri dari 3 pemain utama dan 3 pemain cadangan. Masing-masing anggota bertugas sebagai penjaga gawang sekaligus pelempar bola ke gawang lawan.Masing-masing sisi lapangan memiliki tiga zona, yakni zona tengah, zona bebas, dan zona penalti. Zona yang memberikan skor terbesar adalah zona tengah. Setiap zona dijaga oleh tim di posisi sayap kanan, sayap kiri, dan center"

Firdaus menjelaskan, para atlet tunanetra ini tidak mengalami disorientasi arah karena sudah terbiasa. "Feeling mereka sudah jalan," ucap dia, Rabu (10'8/2022).

Selain berlatih kekuatan melempar, para atlet goal ball juga belajar menembak bola dengan tepat, salah satunya melalui latihan pernapasan. selain bertugas memasukkan bola ke gawang lawan, para PM juga harus menjaga gawang sendiri agar tidak kebobolan.

Sementara itu salah satu PM Distra, baidowi menyatakan bagian tersulit dalam melakukan permainan ini adalah menebak ke mana arah bola dilempar lawan."Karena kencangnya lemparan bola, kadang kerincing yang ada di dalam bola tidak terdengar," ujarnya.(Hen/hjr)

#dinsos