Jumat, 19 April 2024

UPT RSBN Malang Beri Kegiatan Ekstrakulikuler Hadrah Bagi PM Disabilitas Netra

Diunggah pada : 31 Mei 2022 21:10:11 106

Jatim Newsroom - Selain melaksanakan bimbingan antara lain activity daily living (ADL), orientasi dan mobilitas (OM) dan baca tulis braille (BTB), Pijat dan keterampilan membuat Keset, Sapu Lidi dan Batik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rehabilitasi Sosial Bina Netra Malang (RSBN) Malang juga memberikan kegiatan ekstrakurikuler kesenian Hadrah pada sore hari bagi Penerima Manfaat (PM) Disabilitas Netra (Distra).

Kegiatan Ekstrakulikuler hadrah adalah salah satu kegiatan di luar jam pelajaran bimbingan untuk mengembangkan bakat, minat dan kreatifitas PM di bidang seni terutama Seni Hadrah.  Ekstrakurikuler hadrah merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dijadikan sebagai salah satu wadah dalam upaya UPT menanamkan nilai-nilai karakter kepada PM.

Waktu pelaksanaan kegiatan ini dilakukan rutin tiap hari Senin dan Kamis yang di bimbing oleh Ustad Khoirul dan Ustad Anam di Masjid An-Nur di lingkungan UPT RSBN Malang. 

Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, melalui kepala seksi rehabilitasi Sosial Anantya Wulandari, mengatakan Kegiatan ini menjadi salah satu unsur penting dalam membangun kepribadian PM.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler harus meningkatkan kemampuan PM beraspek kognitif, afektif dan psikomotor, dan juga Mengembangkan bakat dan minat PM dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif. 

Ia berharap, dalam melaksanakan kegiatan kesenian hadrah PM mampu untuk melatih mental mereka dalam bersosialisasi dengan masyarakat pada umumnya dan komunitas-komunitas pada khususnya, sehingga PM terlatih mental untuk tampil di depan umum dengan sering diundangnya PM bersholawat di berbagai komunitas maupun Instansi Swasta dan Pemerintahan. (sas/s)

#jatim #dinsos