Sabtu, 20 April 2024

UPT RSBN Beri Pelatihan Baca Tulis Braille pada Distra

Diunggah pada : 20 April 2022 20:58:03 108

Jatim Newsroom -  Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Malang memberikan Bimbingan Baca Tulis Braille (BTB) di Kelas Persiapan pada Penerima Manfaat (PM) Disabilitas Netra (Distra).

Bimbingan dilakukan setiap hari dalam bentuk pendampingan individu. Untuk belajar mengenal dan memahami abjad huruf braille, diberikan pada yang  masih belum  pernah sekolah. Sedangkan bagi PM yang sudah pernah sekolah dan sudah mengenal tulisan huruf abjad awas, mereka belajar merangkai huruf braille dengan latihan menulis kalimat yang sederhana dan belajar menulis angka dalam  bentuk huruf braille.

Para PM Distra semua sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan materi bimbingan keterampilan BTB tersebut dan selama  bimbingan penerima manfaat didampingi oleh Instruktur Vokasional, Lilis  Eko Indayati, S.Psi.

Kepala UPT RSBN Malang, Firdaus Sulistijawan, melalui Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial (Rehsos) Anantya Wulandari mengatakan, bimbingan keterampilan BTB sangat diperlukan oleh para disabilitas netra, karena bermanfaat bagi mereka saat kembali ke masyarakat. Terutama bagi disabilitas netra yang ingin mengembangkan pengetahuannya.

Dengan adanya bimbingan keterampilan BTB ini diharapkan PM dapat memiliki keterampilan menulis dan membaca huruf braille yang memang dirancang  khusus untuk para disabilitas netra

Menurut Lilis sebagai instruktur BTB, berharap PM semakin giat dalam belajar BTB, Karena sekarang pun pemerintah juga mulai memperhatikan kaum disabilitas terutama netra dengan mulai memberikan tanda-tanda yang memang khusus untuk netra, yaitu braille di setiap fasilitas umum, antara lain mesin ATM, mall, juga jalan. (sas/s)

#dinsos #Jawa Timur