Jumat, 29 Maret 2024

UPT RSBL Pasuruan Fasilitasi Konsultasi dan Periksa Kesehatan Jiwa Penerima Manfaat

Diunggah pada : 10 Januari 2023 12:28:39 31

Jatim Newsroom - Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Laras (UPT RSBL) Pasuruan memfasilitasi penerima manfaat (PM) untuk berkonsultasi dan pemeriksaan kesehatan jiwa pada psikiater Rumah Sakit Jiwa (RSJ) dr Radjiman Wediodiningrat Lawang, 

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Utara UPT dan dihadiri petugas pengelola layanan kesehatan, pengasuh, psikiater dari RSJ dr Radjiman Wediodiningrat Lawang, dan 40 penerima manfaat (PM Sebelum konsultasi dan pemeriksaan kesehatan jiwa, terlebih dulu Penyuluh Bimbingan/Konseling bagi Eks Penyandang Penyakit Sosial UPT RSBL Pasuruan memberikan motivasi kepada PM.

Selanjutnya psikiater didampingi oleh Pengelola Layanan Kesehatan UPT RSBL Pasuruan melakukan pemeriksaan jiwa pada 40 PM secara berurutan, sesuai daftar yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Kepala UPT RSBL Pasuruan melalui Pengelola Layanan Kesehatan, Ainun Jariah, menjelaskan, tindak lanjut pemeriksaan kesehatan jiwa ini dilaksanakan secara rutin. Tujuannya, memfasilitasi PM untuk berkonsultasi mengenai kondisi psikologisnya sekaligus pemeriksaan kesehatan jiwa dengan mendatangkan psikiater dari RSJ dr Radjiman Wediodiningrat Malang dan RSJ Menur. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan jiwa PM secara medis. Dari hasil pemeriksaan jiwa ini kami mengetahui terapi psikofarmaka yang harus diberikan sesuai petunjuk dokter dan kondisi kesehatan jiwa PM. Nantinya, ini menjadi dasar persiapan terminasi pemulangan PM,” paparnya. .(her/s)

#dinsos jatim