Minggu, 2 Oktober 2022

UPT RSBL Kediri Beri Bimsos Bertema Pesawat Harapan

Diunggah pada : 2 Agustus 2022 13:09:23 37
UPT RSBL Kediri Laksanakan Bimsos dengan Tema Pesawat Harapan

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Laras (UPT RSBL) Kediri Dinas Sosial Jatim (Dinsos) Jatim memberi bimbingan sosial (bimsos) pada para penerima manfaat (PM) dengan tema menerbangkan pesawat impian.

Bimsos merupakan salah satu program rehabilitasi yang ada di UPT RSBL Kediri. Dalam bimsos ini terdapat beberapa tema yang sudah dilaksanakan, antara lain bermain peran untuk sarana belajar berkomunikasi dengan orang lain, menyampaikan perasaan melalui tulisan atau gambar, melatih kesabaran serta ketekunan melalui fun game, dan sebagainya.

Kegiatan bimsos ini dibimbing langsung oleh Nayla selaku instruktur, yang dilaksanakan seminggu dua kali, yakni hari Selasa dan Kamis. Kegiatan ini dilaksanakan setelah apel dan senam pagi penerima manfaat (PM) pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Khusus kali ini, tema yang diambil adalah menerbangkan pesawat impian. Masing-masing PM diberikan satu kertas lipat warna-warni dan alat tulis. Kemudian, PM diarahkan untuk menuliskan keinginan atau impian yang ingin dicapai pada kertas yang telah dibagikan.

Beberapa PM menulis keinginan mereka untuk sembuh dan bisa pulang untuk bertemu keluarganya lagi. Sebagian PM juga menuliskan keinginan sederhana, yakni ingin makan makanan favoritnya, membeli pakaian, membeli sepatu, dan sebagainya. Namun ada beberapa PM yang tidak bisa mengerti perintah yang diberikan sehingga menulis asal-asalan saja.

Setelah semua PM selesai menulis, PM diarahkan satu per satu untuk maju ke depan dan membaca tulisan yang telah dibuat. Usai semua PM membaca tulisan, instruktur memberi contoh untuk melipat kertas tersebut menjadi pesawat. PM mengikuti semua intruksi yang telah diberikan sehingga pembuatan pesawat kertas selesai. Proses terakhir adalah menerbangkan pesawat kertas tersebut bersama-sama di lapangan UPT. Kegiatan ditutup dengan penjelasan instruktur tentang tujuan dan manfaat kegiatan hari ini kepada PM.

Kepala UPT RSBL Kediri, Singgih Tri Wimbanu, melalui Kepala Seksi Pelayanan Sosial Mohamad Zusron Ansori, berharap kegiatan bimsos ini dapat berjalan rutin dengan tema-tema yang selalu diperbaharui guna meningkatkan perkembangan yang positif bagi PM.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi PM. Oleh karena itu, selayaknya kita sebagai petugas UPT mendukung kegiatan tersebut dengan cara memberikan masukan-masukan untuk tema bimsos yang dinilai dapat membantu perkembangan klien, baik perkembangan fisik maupun psikologis,” tutup Zusron. (her/s)

#dinsos