Jumat, 2 Desember 2022

UPT PTKS Dinsos Jatim Fasilitasi Kegiatan Pelatihan Kopotren

Diunggah pada : 6 Juli 2022 21:31:51 62
Dok.Dinsos Jatim

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Peningkatan Tenaga Kesejahteraan Sosial (UPT PTKS) Dinas Sosial (Dinsos) Jatim memfasilitasi kegiatan pembukaan pelatihan bagi Koperasi Pondok Pesantren (Kopotren). 

Pelatihan ini berlangsung di gedung auditorium lantai I UPT PTKS Malang, sejak Senin (4/7) hingga Jumat (8/7/2022) mendatang. 

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Dinkop UKM) Provinsi Jatim ini, merupakan bentuk jalinan kerja sama, terutama dalam upaya penyerapan untuk kegiatan penyetoran Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Hadir dalam acara pembukaan ini, Kepala UPT PTKS Malang, Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelatihan Dinkop UKM Provinsi Jatim, Widyaiswara Dinkop UKM Provinsi Jatim, panitia penyelenggara, Humas PTKS Malang, serta seluruh peserta berjumlah 50 yang berasal dari komponen manajer dan penggerak koperasi di pondok pesantren di seluruh wilayah Jatim.

Kepala Dinkop UKM Provinsi Jatim, Andromeda Qomariah, melalui Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelatihan, Sutoyo, menyampaikan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk upaya peningkatan kemandirian koperasi, khususnya pondok pesantren. 

“Harapannya, hal ini mampu memberikan peran maksimal terhadap pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Jatim,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Sutoyo juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada peran dan keterlibatan Bank Indonesia yang telah mendanai dan membiayai proses uji kompetensi bagi para peserta. 

“Kami mengapresiasi peran dan partisipasi Bank Indonesia dalam upaya meningkatkan dan mengawal pengembangan perekonomian di Jatim melalui program CSR, sehingga kegiatan dan penyelenggaraan pelatihan ini dapat berjalan dengan baik,” tambahnya.

Sementara Kepala UPT PTKS Malang, Baiq Lilik Sri Sumartini, mengungkapkan rasa syukur dan sangat berterima kasih kepada Dinkop UKM Provinsi Jatim yang bersedia hadir dan menjalin kerja sama ini dalam bentuk memberikan pelatihan di bagi para peserta ini. 

“Tak banyak yang bisa kami sampaikan selain kata terima kasih banyak kepada seluruh kepanitian dan pihak Dinkop UKM Provinsi Jatim atas kesediaannya menggunakan sarana dan prasarana kami untuk memfasilitasi peserta dalam kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kemandirian bagi pelaku usaha koperasi di pondok pesantren se-Jatim ini,” tuturnya.

Pada kegiatan ini, seluruh peserta melakukan pembelajaran bersama Widyaiswara Dinkop UKM Provinsi Jatim yang terbagi dalam dua kelas pembelajaran, yaitu kelompok 1 dan kelompok II. (sti)

#jatim #dinsos