Jumat, 29 Maret 2024

UPT PSTW Pasuruan Sediakan Bibit dan Lahan Bagi PM Hobi Cocok Tanam

Diunggah pada : 19 Mei 2022 5:32:30 74
memfasilitasi penerima manfaat (PM) yang hobi bercocok tanam dengan menyediakan bibit dan lahan untuk berkebun.

Jatim Newsroom - Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Pasuruan Dinas Sosial Jatim memfasilitasi penerima manfaat (PM) yang hobi bercocok tanam dengan menyediakan bibit dan lahan untuk berkebun.

Kegiatan bercocok tanam merupakan kegiatan yang cukup digemari oleh PM lansia di UPT PSTW Pasuruan, salah satunya, mbah Darsono. Dia mengatakan, kegiatan bercocok tanam dimulai dengan memilih lahan yang tepat dan subur sehingga bisa dijadikan lahan. 

“Kebetulan lingkungan UPT memiliki lahan cukup luas yang dapat dimanfaatkan sebagai area bercocok tanam, tapi tidak semua lahan langsung bisa dijadikan area, perlu dilihat kembali kesuburan tanah karena beberapa ada wilayah yang tanahnya tandus,” jelasnya.

Setelah mendapatkan area bercocok tanam yang tepat, dia melakukan pengerukan tanah dan pencampuran pupuk agar siap diberi bibit. Prosesi pengerukan dan pemberian bibit biasanya dilakukan selama dua hingga tiga hari, kemudian tanah dan bibit ditutup plastik atau terpal agar tidak terkena hujan yang bisa merusak pondasi area perekebunan. Jika bibit sudah terlihat keluar daunnya, maka tutup terpal akan dibuka dan rajin disiram serta dirawat hingga siap dipanen. 

Bibit yang ditanam para PM merupakan jenis sayur-sayuran yang dapat diolah menjadi makanan, seperti kangkung, sawi, cabai, jeruk limau dan masih banyak lagi. Biasanya masa panen akan dilakukan setelah tiga sampai empat bulan dari proses pemberian bibit. Hasil-hasil panen tersebut dapat diolah dan dimanfaatkan untuk makanan sehari-hari karena sangat bagus dan segar-segar. 

Kepala UPT PSTW Pasuruan, Cicih Suarsih, melalui Pekerja Sosial, Rini Astuti, Rabu (18/5/2022), kegiatan berkebun merupakan salah satu sarana agar lansia produktif menyalurkan hobi di masa tuanya.

“Beberapa PM yang mempunyai minat berkebun telah difasilitasi oleh UPT PSTW Pasuruan untuk bercocok tanam dan menghasilkan sayur yang segar. Dengan bercocok tanam ini dapat membuat PM yang masih produktif terus aktif dalam kegiatan sehari-hari serta dapat mengatasi kejenuhan,” ujarnya.

Dia melanjutkan, pihak UPT berharap kegiatan bercocok tanam ini dapat membuat PM lebih produktif mengisi waktu luang di masa lansia dan dapat menghasilkan produk-produk yang sehat serta dapat dikonsumsi semua orang.(her/s) 

#dinsos