Minggu, 29 Januari 2023

UPT PSTW Pasuruan Ajak Siswa-siswi SMK 2 Sukorejo Cek Kebersihan PM

Diunggah pada : 23 November 2022 10:25:23 9
Pengecekan Kebersihan Diri PM, UPT PSTW Pasuruan Ajak Siswa-siswi SMK 2 Sukorejo

Jatim Newsroom - Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Pasuruan Dinas Sosial (Dinsos) Jatim mengajak siswa-siswi SMK 2 Sukorejo lakukan pengecekan kebersihan diri penerima manfaat (PM).

Pengecekan kebersihan diri PM merupakan kegiatan yang dilakukan rutin setiap bulan. Di bulan ini kegiatan bertempat di Wisma Seroja. Seluruh PM dilakukan pengecekan, dimulai dari kebersihan kuku tangan dan kuku kaki, kemudian rambut, serta kebersihan badan dengan mencium aroma tubuhnya serta melihat penampilannya.

Dari hasil pengecekan, beberapa PM dilakukan pemotongan rambut secara bergantian karena perawatan diri terhadap kebersihan rambut mereka sangat kurang, sehingga ada beberapa PM yang terkena kutu rambut. Untuk itu, petugas langsung melakukan penanganan dengan memotong rambut dan mengobati rambut PM dengan obat kutu. 

Kemudian para siswa-siswi SMK 2 Sukorejo juga melakukan pengecekan dan langsung memotong kuku PM yang memang sudah waktunya untuk dipotong. Mereka juga membantu PM yang memiliki aroma kurang kurang sedap dan berpenampilan lusuh untuk langsung dibimbing untuk ke kamar mandi serta dimandikan dengan bersih dari ujung kepala hingga kaki. 

Kepala UPT PSTW Pasuruan, melalui Kepala Seksi Bimbingan Sosial, Rasimin, menyampaikan, bahwa tidak semua PM dapat melakukan aktivitas kebersihan diri dengan mandiri, sehingga pengecekan kebersihan diri secara rutin perlu dilakukan untuk memantau kebersihan diri PM yang kurang mampu dalam melakukan perawatan diri.(her/s)

#dinsos jatim