Senin, 28 November 2022

UPT PSTW Magetan Rujuk PM Lansia ke Puskesmas

Diunggah pada : 8 Juli 2022 10:05:40 46
Rujuk PM Lansia dengan Riwayat Penyakit Maag Kronis ke Puskesmas

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Magetan Dinas Sosial merujuk Penerima Manfaat (PM) lansia dengan riwayat penyakit magh kronis ke Puskesmas Candirejo, Kamis (7/7/2022) pukul 12.30 WIB hingga selesai.

PM lansia bernama Bambang ini tinggal di Wisma Arimbi dan sudah tiga hari ini mengeluhkan nyeri pada perut dan mual muntah. Kepala UPT PSTW Magetan, Ucu Rubiasih, pun menyarankan agar permasalahan PM lansia ini segera dilakukan tindak lanjut untuk merujuk ke Puskesmas Candirejo, agar kondisi PM tidak memburuk dan segera mendapat perawatan lebih lanjut.

Selanjutnya, pekerja sosial, perawat, dan pengasuh wisma Arimbi sesegera mungkin merujuk PM lansia ke Puskesmas Candrejo Magetan, guna mengantisipasi PM lansia agar tidak mengalami dehidrasi yang parah.

"Setelah dilakukukan perawatan di Puskesmas, PM lansia mendapatkan tindakan cairan infus untuk menggantikan cairan yang keluar selama muntah dan diberikan injeksi sotatic untuk menekan produksi asam di lambung," terang Ucu Rubiansih, Jumat (8/7/2022). 

Ucu juga menyampaikan, dalam memberikan pelayanan kepada PM lansia, pihaknya sebisa mungkin memberikan pelayanan terbaik. 

“Kami tetap harus mempertimbangkan sopan dan santun, dikarenakan PM lansia itu lebih tua dari kita, dan tentunya dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang tersedia. Hal ini kami lakukan tidak hanya untuk mbah Bambang, tetapi kepada seluruh PM lansia, baik di asrama Pacitan maupun di asrama Magetan,” tegasnya. (her/s)

#dinsos