Sabtu, 20 April 2024

UPT PSTW Magetan Fasilitasi PM Lansia Operasi Katarak

Diunggah pada : 13 September 2022 10:41:34 30
PM Lansia selesai menjalani Operasi Katarak

Jatim Newsroom - Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Magetan asrama Pacitan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kab. Pacitan melakukan operasi katarak pada penerima manfaat (PM) lansia.

PM lansia menjalani tindakan operasi di Puskesmas Tanjungsari dengan didampingi Kepala Seksi Bimbingan Sosial, Wiwin Sri Wiarsih, dan pengasuh asrama. Sedangkan operasi dilakukan dr Helen, dokter mata dari Puskesmas Tanjungsari.

Dalam kegiatan ini PM yang didiagnosis mempunyai penyakit katarak untuk dilakukan pemeriksaan serta anamnese awal. Setelah itu, diarahkan ke ruang sterilisasi agar saat dilakukan tindakan operasi tidak ada kuman atau bakteri yang ikut masuk. Selanjutnya, dokter dengan tim medis mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan guna menjalani operasi katarak pada PM.

Setelah dipastikan alat siap dan klien tidak memiliki tekanan darah tinggi serta gula yang tinggi, maka tim dokter siap untuk melaksanakan operasi. Operasi yang dilakukan pada PM lansia berlangsung selama tiga jam dan berjalan dengan lancar.

dr Helen menyampaikan, selanjutnya pendamping wisma dan perawat diberi arahan untuk selalu mengganti kasa penutup mata setiap hari dan meneteskan obat mata agar luka bekas operasi bisa segera pulih. “Satu minggu lagi dibawa ke Puskesmas untuk kontrol agar tahu perkembangan setelah operasi,” ujarnya.

Kepala UPT PSTW Magetan, Ucu Rubiasih, di kantornya, Selasa (13/9/2022) mengatakan, PM lansia yang semula samar-samar melihat kini bisa sembuh serta bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan mandiri tanpa bantuan orang lain.

“Saya berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Kab. Pacitan dan Puskesmas Tanjungsari karena telah membantu PM lansia kami untuk mendapatkan tindakan operasi katarak. Saya berharap agar semua PM lansia di asrama Magetan maupun Pacitan diberikan kesehatan, bisa mengikuti kegiatan dengan gembira, dan menjalani masa tuanya dengan bahagia,” harapnya.(her/s)

#dinsos jatim