Senin, 28 November 2022

UPT PSTW Magetan Dinsos Jatim Jangkau Lansia Terlantar

Diunggah pada : 16 Juni 2022 5:36:01 37
Dinsos Kabupaten Magetan melakukan penjangkauan lansia terlantar di shelter lansia Dinsos Kabupaten Magetan

Jatim Newsroom - Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Dinas Sosial (Dinsos) Jatim di Magetan bekerja sama dengan Dinsos Kabupaten Magetan melakukan penjangkauan lansia terlantar di shelter lansia Dinsos Kabupaten Magetan. 

Kepala UPT PSTW Magetan, Ucu Rubiasih, Kamis (16/6/2022) menyampaikan, kerjasama ini ini diawali dengan koordinasi lebih dulu, sebab dengan adanya koordinasi maka akan mempermudah dalam menangani permasalahan lansia terlantar di wilayah Magetan dan sekitarnya.

“Koordinasi ini juga membantu meringankan beban lansia terlantar dalam memaksimalkan keberfungsian sosialnya, agar dapat menjalani hari tua dengan bahagia dan sejahtera,” ungkapnya.

Koordinasi dimulai dengan mendatangi shelter Dinsos Kabupaten Magetan, dimana staf UPT PSTW bertemu dengan Kepala Dinsos Magetan guna berkordinasi terkait lansia terlantar yang ditampung dalam shelter nya. 

Setelah tiba di lokasi, Pekerja Sosial dari UPT PSTW Magetan segera melakukan pendekatan awal untuk mendapatkan informasi. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, PM lansia diketahui memiliki anak di daerah Caruban dan PM merasa dikucilkan karena konflik keluarga yang dialami. Pada akhirnya dia memilih untuk pergi meninggalkan rumah anaknya ke daerah Nganjuk. 

Sesampainya di Nganjuk, PM lansia mencukupi makan dan minum dengan cara meminta-minta di pasar serta jalan dan pada akhirnya tertangkap Satpol PP saat meminta-minta di pinggir jalan pasar. Kepada Satpol PP, PM lansia mengaku berasal dari Magetan sehingga dia dibawa ke shelter Dinsos Kabupaten Magetan. Saat dilakukan pemeriksaan kesehatan, didapatkan hasil PM tidak mengalami gejala penyakit menular. Kondisinya juga bagus dan sehat

Dari koordinasi antara Kepala Dinsos Kabupaten Magetan dengan Kepala UPT PSTW Magetan, akhirnya disepakati bahwa PM lansia akan dirujuk ke UPT PSTW Magetan, namun masih menunggu rujukan dari Dinsos Kabupaten Magetan untuk memberikan pelayanan selanjutnya. (her/s)

#dinsos