Jumat, 26 April 2024

UPT PSTW Bondowoso Hilangkan Kejenuhan PM dengan Mewarnai

Diunggah pada : 7 Maret 2023 11:15:09 116
Pemprov Jatim-UPT PSTW Bondowoso Dinsos Jatim Ajak PM Mewarnai

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) Bondowoso mengadakan kegiatan rekreasional bersama penerima manfaat (PM),  di Halaman Utama UPT PSTW Bondowoso, Selasa (7/3/2023). 

Kegiatan ini juga diikuti pekerja sosial, para pembimbing wisma, dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember yang sedang melaksanakan praktikum, serta sekitar 16 PM yang turut berpartisipasi. 

Kegiatan keterampilan ini diinisiasi oleh pekerja sosial UPT PSTW Bondowoso bersama dengan mahasiswa Unmuh yang memiliki program dengan tujuan serupa. Oleh karena itu, mereka pun berkolaborasi untuk melaksanakan kegiatan bersama yang bertujuan sebagai sarana rekreasional guna mengatasi kejenuhan pada PM. 

Sebelum kegiatan dimulai, para PM dan tim pelaksana berkumpul terlebih dahulu di halaman. Kemudian, tim menjelaskan terkait tata cara pelaksanaan kegiatan ini, di mana setiap PM diminta untuk memberi warna secara bebas sesuai dengan kreativitasnya terhadap objek yang telah ditentukan. 

Lalu, tim membagikan alat dan bahan secara merata pada PM, mulai dari kuas, cat warna makanan, serta sterofoam yang telah ada gambarnya. Dalam pengerjaannya, satu media gambar dikerjakan oleh dua orang PM sehingga diperlukan kerja sama dan ketelitian antara satu dan lainnya.

Terdapat banyak sekali manfaat dari adanya kegiatan keterampilan mewarnai ini, yakni dapat menghilangkan stres dan kejenuhan pada lansia, meredakan kecemasan, menurunkan tingkat rasa sakit, serta menstimulasi motorik halus pada lansia. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPT PSTW Bondowoso,  Agung Pambudi, menyampaikan ucapan terima kasih pada para mahasiswa karena telah membantu UPT untuk dapat menyelenggarakan kegiatan positif yang memiliki banyak manfaat bagi PM lansia.

"Semoga seluruh PM kami dapat merasakan pula manfaat dari terselenggaranya kegiatan ini, sehingga mereka dapat selalu sehat dan bahagia,” terangnya.(her/s) 

#dinsos jatim