Rabu, 24 April 2024

UPT PSBR Jombang Tingkatkan Literasi PM

Diunggah pada : 5 September 2022 14:02:07 32
Tingkatkan Literasi PM, UPT PSBR Jombang Konsisten Lanjutkan Kerja Sama dengan DPK Mastrip Kab. Jombang

Jatim Newsroom- Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Bina Remaja (UPT PSBR) Dinas Sosial Jatim melanjutkan gerakan literasi bagi para penerima manfaat (PM) dengan menggandeng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kab. Jombang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca para PM, serta menambah wawasan baru dari buku yang telah dibaca oleh setiap PM. 

UPT PSBR Jombang telah bekerja sama dengan DPK atau dikenal dengan Balai Perpustakaan Mastrip sejak beberapa tahun yang lalu. Kegiatan literasi ini memfasilitasi dan mewadahi seluruh PM yang ingin meminjam dan membaca buku dengan cara konvensional, yaitu mendatangi perpustakaan, atau melalui mobil Perpustakaan Keliling DPK yang mendatangi UPT PSBR Jombang setiap hari Sabtu.

Bagi setiap PM yang ingin meminjam dan mengembalikan buku secara konvensional, akan diwakilkan oleh dua PM dan difasilitasi peminjaman sebanyak 20 buku. Sebelumnya, peminjam telah menentukan genre buku yang akan dipinjam. Buku-buku tersebut memiliki jangka waktu peminjaman selama satu minggu serta dapat diperpanjang sebelum tenggat waktu (deadline) pengembalian. , dua orang PM mengunjungi Balai Perpustakaan Mastrip dengan didampingi mahasiswa praktikan dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), staf seksi Yansos, dan Pekerja Sosial.

Kepala UPT PSBR Jombang, Nenti Sarjanti, Senin (5/9/2022) menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini dia berharap agar minat baca dan pengetahuan PM dapat meningkat.

 “Saya berharap agar kegiatan gerakan literasi ini dapat meningkatkan minat baca serta memperluas wawasan. Di pihak lain, waktu luang PM terus terisi dengan penuh manfaat,” ungkapnya.(her/s)

#dinsos jatim