Jumat, 29 Maret 2024

UPT PPSPA Batu Lepas Peserta Tetirah Angkatan IX

Diunggah pada : 30 September 2022 15:17:48 70
Program Tetirah Telah Usai, Pemprov Jatim-UPT PPSPA Batu Lepas Peserta Tetirah Angkatan IX

Jatim Newsroom – Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Petirahan Anak (UPT PPSPA) Batu melepas para peserta tetirah angkatan IX bulan September 2022. Para peserta angkatan IX ini telah menjalani program tetirah sejak tanggal 5 September 2022 lalu.

Kegiatan pelepasan berlangsung pada Kamis (29/9/2022), Acara berlangsung  di Aula UPT PPSPA Batu ini dihadiri oleh seluruh pegawai beserta jajaran UPT PPSPA Batu, orang tua peserta tetirah, Dinsos Kota Pasuruan, Kementerian Agama Kota Pasuruan, serta instruktur-instruktur dari UPT PPSPA Batu.

Pelepasan peserta tetirah ini diisi dengan berbagai acara pertunjukan talenta para peserta tetirah yang sudah dilatih selama ini. Acara diawali dengan penampilan tari, rebana, qiroah, dan dilanjutkan dengan laporan penyelenggaraan kegiatan tetirah oleh Kepala Seksi Perlindungan Sosial UPT PPSPA Batu Lailatul Khasanah SE, juga sambutan dari Dinsos Kota Pasuruan, dan Kementerian Agama Kota Pasuruan.

Kegiatan ditutup dengan penampilan angklung dari seluruh peserta tetirah, dan penampilan lagu oleh peserta tetirah yang diakhiri dengan sungkem kepada orang tua masing-masing. Tangis haru pun seketika pecah dalam penutupan acara ini.

Kepala UPT PPSPA Batu, Pitono, melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Bagus Suprobo, mengatakan, acara berlangsung lancar dan pasti akan menjadi kenangan tersendiri bagi seluruh peserta dan undangan.

“Semoga peserta tetirah akan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran baik yang bisa diterapkan dalam keseharian mereka setelah mereka pulang,” harapnya.

Sekadara informasi, Tetirah adalah program yang dimaksudkan untuk mencegah terhambatnya fungsi sosial anak yang kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Mereka yang mengikuti program ini dipilih berdasar beberapa kriteria. Diantaranya, anak yang agresif dan suka mengganggu temannya sendiri. Anak yang minder, pendiam, suka menyendiri dan melamun. 

Inti dari program tetirah terletak pada pembentukan dan pembinaan mental anak sehingga diharapkan nanti ada perubahan perilaku yang cenderung positif. Di UPT PPSPA inilah anak-anak tersebut akan mendapat pelatihan kemandirian dalam mengatasi hambatan fungsi sosial.(her/s)

 

#dinsos jatim