Jumat, 19 April 2024

UPT PPSPA Batu Dinsos Jatim Berikan Edukasi Hukum kepada Peserta Tetirah

Diunggah pada : 14 September 2022 13:25:34 16
Junaedy Salam, Bhabinkamtibmas Kelurahan Songgokerto, Kota Batu. memberikan pengenalan berbagai macam pelanggaran hukum, mulai dari tindakan pelanggaran hukum yang berat sampai yang ringan

Jatim Newsroom - Mengenalkan ketertiban hukum kepada anak-anak bukan hal yang mudah, perlu diterapkan cara-cara tertentu yang menyenangkan dan mudah ditangkap oleh anak agar bisa menerapkan ketertiban hukum yang berlaku di Indonesia.

Karena itu, Pemerintah Provinsi Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Petirahan Anak (UPT PPSPA) Batu memberikan edukasi pengenalan hukum kepada peserta tetirah.

Kegiatan ini akan berlangsung selama beberapa kali pertemuan oleh Junaedy Salam, selaku Bhabinkamtibmas Kelurahan Songgokerto, Kota Batu. Materi pertama yang diberikan adalah pengenalan berbagai macam pelanggaran hukum, mulai dari tindakan pelanggaran hukum yang berat sampai yang ringan. Dipaparkan pula konsekuensi yang dihadapi jika melakukan pelanggaran hukum tersebut. 

Dengan metode interaksi yang diberikan oleh Junaedy, edukasi yang sebenarnya cukup berat bagi anak terasa menyenangkan dan mudah ditangkap karena adanya interaksi dari anak dan pemberi materi. 

Di sesi lain, Junaedy juga mengenalkan pengetahuan tentang Kepolisian RI. Dengan pengenalan profesi dan tugas kepolisian sejak dini kepada para peserta tetirah, diharapkan anak-anak tidak takut lagi melihat polisi di luar sana. 

“Karena banyak sekali siswa-siswi usia dini yang mengaku dan beranggapan bahwa polisi menakutkan,” kata Junaedy.

Sementara itu, Kepala UPT PPSPA Batu, Pitono SSos MSi, Selasa (13/9/2022) mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang hukum dan kepolisian, juga menanamkan kedisiplinan kepada peserta tetirah. 

“Dengan ditanamkan sejak dini, diharapkan para siswa ini kelak bisa lebih disiplin dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hukum. Walaupun memang tak mudah untuk melakukan edukasi ini kepada anak-anak, namun harus tetap diberikan terutama pada anak usia dini. Minimal ada nilai yang dapat ditangkap oleh anak-anak dari hal yang paling dasar yaitu berani jujur. Dengan kejujuran pasti membawa mereka kepada tindakan baik,” tutupnya.(her/s)

#dinsos jatim