Selasa, 23 April 2024

UPT PPSAB Sidoarjo Latih PM Balita Motorik Halus

Diunggah pada : 9 Januari 2023 12:51:17 61
UPT PPSAB Sidoarjo Ajak PM Balita Mewarnai dengan Pasir Warna 

Jatim Newsroom- Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita (UPT PPSAB) Sidoarjo mengajak penerima manfaat (PM) balita usia 3-5 tahun mewarnai dengan menggunakan pasir warna.  Aktivitas ini bermanfaat untuk melatih motorik halus PM balita. Saat melakukan kegiatan tersebut di halaman ruang balita, mereka didampingi oleh pengasuh yang bertugas, Anik Purwanti.

Media yang digunakan yakni berupa kertas stiker yang telah diberi pola, pasir dengan aneka warna, tusuk gigi kecil untuk membantu mengelupas kertas stiker berpola, dan gambar kecil sebagai referensi untuk mewarnai. Aktivitas pertama, pengasuh membiarkan PM balita membuka sendiri plastik kemasannya, lalu pengasuh memberikan contoh kepada mereka cara menjimpit dan mencungkil kertas stiker berpola agar menyisakan kertas stiker yang mengandung perekat. Setelah itu, pengasuh membiarkan mereka untuk berimajinasi bagaimana memberi warna pada pola yang telah tersedia. Di sini, PM balita juga melakukan sensory play karena bisa menjumput dan merasakan butiran-butiran tekstur pasir. 

Kepala UPT PPSA Balita Sidoarjo,  Evi Dwi Widajanti, melalui Kepala Seksi Pelayanan Sosial  Isvan Daniel Ananta  menyampaikan, kegiatan mewarnai dengan pasir warna ini dapat melatih pola berpikir PM balita bagaimana cara memecahkan masalah atau problem solving. 

“Mereka juga dapat belajar untuk mengenal warna, meratakan, dan memperkirakan batas-batas yang akan diwarnai,” ungkapnya.(her/s)

 

#dinsos jatim