Kamis, 25 April 2024

UPT PPSAA Situbondo Dinsos Jatim Gelar Konseling Kelompok

Diunggah pada : 14 April 2022 20:58:29 89

Jatim Newsroom - Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Perlindungan dan Pelayanan Asuhan Anak (UPT PPSAA) Dinas Sosial Jatim di Situbondo melaksanakan kegiatan konseling kelompok. Kegiatan yang dilaksanakan di aula UPT PPSAA Situbondo itu dihadiri oleh seluruh anak laki- laki penerima pelayanan yang sedang duduk di bangku SMA.

 

Konseling kelompok ini merupakan kegiatan bimbingan langsung oleh Pekerja Sosial UPT PPSAA Situbondo. Dalam kesempatan ini, anak asuh dapat sharing mengenai keluh kesah kehidupan sehari-hari, kegiatan di sekolah, rencana setelah lulus sekolah, lalu dilanjutkan dengan introspeksi diri terhadap hal-hal yang sudah dilewatkan selama ini. Di akhir, Pekerja Sosial memberikan masukan (feedback) serta motivasi kepada anak asuh.

Kepala UPT PPSAA Situbondo, Anang Dwi Priambodo, Kamis (14/4/2022) menjelaskan, kegiatan konseling kelompok adalah salah satu upaya untuk mengembangkan kemampuan sosialisasi anak asuh khususnya dalam berkomunikasi, serta meningkatkan rasa motivasi anak asuh untuk dapat melewati permasalahan yang sedang dihadapi dan bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

“Pemberian motivasi dan sharing yang dilakukan oleh Pekerja Sosial bertujuan untuk memberikan ruang atau tempat bagi anak asuh untuk bisa berkeluh-kesah, menceritakan permasalahan yang sedang dihadapinya,” katanya.

Dia menambahkan, dengan adanya Pekerja Sosial sebagai konselor yang memberikan masukan kepada anak asuh, maka akan tumbuh motivasi dalam diri anak asuh dalam menyelesaikan segala bentuk permasalahan yang sedang dialami serta akan memberikan semangat juga kepada anak asuh dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.(sas/s)

#jatim #dinsos