Jumat, 19 April 2024

UPT Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja Surabaya Gelar Bimtek AKAN

Diunggah pada : 15 Juni 2022 12:09:58 148
Kepala UPT P2TK Surabaya Purwanti Utami

Jatim Newsroom- Pempro Jatim melalui Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) akan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Antar Kerja Antar Negara (AKAN) di Madiun.

Kadisnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo, melalui Kepala UPT P2TK Surabaya Purwanti Utami, Rabu (15/6/2022), menyampaikan, bimtek ini untuk memberikan bimbingan teknis antar kerja antar negara bagi petugas pelaksana pelayanan PMI di Disnaker kab/kota dan tiga pilar pemerintahan desa (aparat desa dalam hal ini kades/lurah, babinsa dan bhabinkamtibmas), sebagai ujung tombak layanan PMI di daerah.

Selain tiu juga untuk meningkatkan pengetahuan tentang ketentuan dan pemahaman tata cara penempatan PMI sesuai undang-undang No. 18 tahun 2017 dan permenaker nomor 9 tahun 2019 kepada pelaksana pelayanan PMI di dinas yang membidangi ketenagakerjaan kab/kota, dan tiga pilar di wilayah yang menjadi kantong Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Jatim.

Bimtek akan diikuti oleh 7 pegawai atau petugas yang membidangi ketenagakerjaan dari Dinas tenaga Kerja Kota Madiun, Kab. Madiun, Kab. Pacitan, Kab Magetan, Kab. Ponorogo dan Kab. Ngawi.

Selain itu juga 64 orang berasal dari tiga pilar pemerintah desa yaitu para kepala desa/lurah, babinsa, bhabinkamtibmas pada wilayah kantong PMI, Kota Madiun 6 orang  ( 2 desa ) Kab. Madiun  12 orang ( 4 desa , Kab. Ngawi 12 orang ( 4 desa ), Kab. Ponorogo 18 orang ( 6 desa ), Kab. Magetan 9 orang ( 3 desa ) dan Kab. Pacitan 6 orang ( 2 desa ). (her/s)

#disnakertrans