Rabu, 1 Februari 2023

UPT BLK Wonojati Malang Buka Pelatihan Operator Penggilingan dan Pengemasan Rokok

Diunggah pada : 25 Oktober 2022 12:51:52 24
Kepala UPT BLK Wonojati Malang, Nur Fadhil saat menyerah untuk kegiatan Pelatihan

Jatim Newsroom - Pemerintah Provinsi  Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja Wonojati Malang Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, membuka pelatihan kerja berbasis kompetensi sebanyak 6 paket. Ke 6 paket itu adalah tiga paket Operator Pelintingan Rokok dan Operator tiga paket Pengemasan Rokok.

Kepala UPT BLK Wonojati Malang, Nur Fadhil,  mengatakan, pelatihan ini adalah program percontohan pertama yang ada di Jawa Timur bahkan nasional untuk bidang giling dan pengemasan rokok melalui anggaran DBHCHT tahun 2022. Pelatihan ini terselenggara dengan menggandeng PT Tri Sakti Purwosari Makmur.

"Peserta pelatihan akan diberikan pengetahuan materi dan tentunya praktek langsung dalam melakukan proses pelintingan dan pengemasan rokok SKT. Harapannya setelah menjalani pelatihan ini, para peserta menjadi kompeten dan bisa direkrut oleh perusahaan rokok yang ada di area Malang Raya, " kata Nur Fadhil, Selasa (25/10). 

Menurutnya, kebutuhan tenaga kerja di bidang pelintingan dan pengemasan rokok SKT masih tinggi. Secara umum tenaga kerja tersebut masih belum memiliki sertifikat kompetensi, sehingga di tahun-tahun mendatang didorong dalam perekrutan tenaga kerja harus bersertifikat kompetensi.

Hal ini akan disiapkan oleh Balai Latihan Kerja di seluruh Provinsi Jawa Timur dan difasilitasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur serta uji sertifikasi kompetensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Diharapkan kegiatan ini bisa mengatasi permasalahan tersebut dan membuka kesempatan kerja yang lebih banyak untuk masyarakat," tuturnya. (her/s)

#Disnakertrans Jatim