Sabtu, 20 April 2024

Unusa Jalin Kerjasama dengan Universitas Binawan

Diunggah pada : 16 Juni 2022 14:26:50 90
Penandatanganan secara virtual antara Rektor Unusa, Prof Dr Ir Achmad Jazidie, M.Eng dengan Rektor Universitas Binawan, Prof Dr Ir Ilah Sailah M.Sc, Selasa (14/6/2022) siang.

Jatim Newsroom-Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menjalin kerja sama dengan Universitas Binawan, yang telah dilakukan penandatanganan secara virtual antara Rektor Unusa, Prof Dr Ir Achmad Jazidie, M.Eng dengan Rektor Universitas Binawan, Prof Dr Ir Ilah Sailah M.Sc, Selasa (14/6/2022) siang.

Rektor Unusa mengatakan, kesamaan latar belakang sebagai universitas menjadi motivasi tersendiri dalam menjalin Kerjasama ini. “Kita sama-sama perguruan tinggi yang awalnya dari sekolah tinggi kemudian berubah jadi univeritas. Sebagian program studi yang ada juga hampir sama, bergerak di bidang kesehatan,” katanya. 

Hal ini pulalah, yang mendorong melakukan Kerjasama, sehingga satu sama lain nantinya akan saling melengkapi dan berbagi pengalaman. “Kerjasama ini tidak hanya sebatas pada tri dhrama perguruan tinggi, tapi juga pemanfaaatan lulusan untuk bisa ditempatkan atau bekerja di luar negeri. Tadi saya dengar dari Bu Rektor kalau Binawan merasa kesulitan untuk memenuhi permintaan tenaga kesehatan dari luar negeri, maka melalui kerjasama ini nantinya bisa pula dipenuhi dari Unusa,” katanya.

Dikatakannya, selama ini Unusa telah menjalin kerjasama sekaligus mendidik para alumni untuk bekerja sebagai tenaga kesehatan di Jepang, sehingga dengan kerjasama ini kesempatan alumni Unusa bekerja di luar negeri akan makin terbuka luas. “Selain itu ada beberapa mata kuliah yang bersesuaian dengan Prodi yang ada di Universitas Binawan, sehingga antara Unusa dan Binawan ke depan bisa sama-sama bertukar mahasiswa, tenaga pengajar atau melakukan webinar secara bersama-sama,” katanya.

Jazidie juga berharap bisa belajar ke Binawan tentang kemahasiswaaan dan pembelajaran, mengingat Rektornya pernah dipercaya sebagai Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan di Dirjen Dikti.

Rektor Universitas Binawan, Prof Dr Ir Ilah Sailah M.Sc mengatakan, kerjasama ini akan makin memperkuat hubungan antar dua perguruan tinggi yang memilki prodi sama, kami punya, FKK Unusa juga punya, sehingga dengan kerjasama ini saling menguatkan diantara kita. 

“Melalui MoU ini kami berharap kita  bisa memanfaatkan dan memberi kesempatan bagi para alumni untuk memenuhi permintaan tenaga Kesehatan ke luar negeri. Permintaan ke Kuwait, Qatar dan beberapa negara Timur Tengah cukup banyak. Selama ini kami tidak sanggup untuk memenuhi permintaan mereka, sehingga dengan MoU ini semoga bisa terpenuhi,” katanya.

Sailah juga berharap kerjasama yang ditandatanganinya dapat meningkatkan proses pembelajaran yang lebih bermanfaat termasuk didalamnya tri dharma perguruan tinggi. “Kami ingin belajar cara bagaimana Unusa dalam menerapkan sistem penjaminan mutunya, sehingga Unusa akreditasinya banyak yang unggul,” katanya.(ern/s)

#unusa