Selasa, 23 April 2024

UNESA dan PP Perbasi Kerja Sama Penguatan SDM Bola Basket Berbasis Sport Sciences

Diunggah pada : 13 Februari 2024 19:12:50 16

Jatim Newsroom-Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menjalin kerja sama dengan Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) untuk pengembangan SDM bola basket berbasis sport sciences.

MoU kerja sama diteken Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes (Cak Hasan)., dan Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih di Kantor PP PERBASI, Lantai 10 GBK Arena Senayan, Jakarta Pusat, pada Selasa, 12 Februari 2024. Dekan FIKK, Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd, M.Kes, dan Direktur Legal PP Perbasi George Fernando Dendeng juga hadir.

Cak Hasan mengatakan bahwa kerja sama ini penting dilakukan untuk memperkuat sumber daya manusia dan meningkatkan prestasi olahraga Indonesia di kancah dunia. Bola basket di Indonesia, lanjutnya memiliki potensi untuk terus dikembangkan dan nantinya bisa mewarnai podium internasional.

"Kerja sama ini luar biasa. Semoga ini dapat mendukung pengembangan pemain bola basket Indonesia ke depannya. Mulai pembibitan kemudian berproses menjadi tim elit dengan segala kompetensi yang kami miliki, termasuk ilmu olahraga dan psikologi," ucapnya.

Cak Hasan berharap kerja sama ini bisa membawa dampak positif bagi olahraga bola basket Indonesia, termasuk peningkatan prestasi PP Perbasi dan pendirian akademi bola basket di wilayah Indonesia timur.

Sebagai penutup, Cak Hasan meminta doa restu dari masyarakat agar MoU ini dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan olahraga bola basket Indonesia di tingkat nasional maupun internasional. "Semoga kerja sama ini mampu membawa olahraga bola basket Indonesia menuju prestasi yang lebih baik di masa mendatang," tutupnya.

Sementara itu, Danny Kosasih, Ketua Umum PP Perbasi, menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari upaya federasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang olahraga bola basket. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan wasit dan pelatih yang berkualitas.

“Kerja sama dengan UNESA dilakukan karena kami percaya bahwa olahraga harus dipadukan dengan science dan keilmuan. Kami berharap kolaborasi ini akan menghasilkan banyak pelatih, atlet, dan wasit yang luar biasa,” terangnya.(her) 

 

#olahraga