Jumat, 29 Maret 2024

Unair Resmikan 14 Produk Skincare dan Hair Care dari Pengembangan Stem Cell

Diunggah pada : 11 November 2022 8:13:46 96

Jatim Newsroom – Dies Natalis Ke-68 Universitas Airlangga (Unair) meresmikan produk-produk penelitian dan ilmu pengetahuan yang dikembangkan oleh Unair. Pruallure dan GFs Secret merupakan dua produk hasil kolaborasi antara Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Unair dengan Jakarta Clinic dan PT Kosmetika Global Indonesia yang turut diresmikan pada acara tersebut.

Kedua produk itu diresmikan secara simbolis oleh Andang Miatmoko MPharm Sci PhD Apt sebagai Sekretaris Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell Unair, dr Bagus Satrio Nurwito sebagai Direktur Jakarta Clinic, dan Titis Indah Wahyu Agustin sebagai Direktur PT Kosmetika Global Indonesia. Produk-produk yang diresmikan terdiri dari enam produk GFs Secret dan delapan produk Pruallure yang merupakan produk untuk kesehatan kulit dan rambut.

Keenam produk GFs Secret yang diresmikan yaitu conditioning serum, brightening serum, hydrating serum, boosting serum, hair serum, dan face mist. Sementara itu, kedelapan produk Pruallure yang diresmikan terdiri dari conditioning serum concentrate, brightening serum concentrate, hydrating serum concentrate, boosting serum concentrate, nutrition serum concentrate, face mist concentrate, derma care gel, dan derma care spray.

Produk skincare dan hair care Pruallure dan GFs Secret diperkaya dengan epidermal growth factor untuk kesehatan kulit dan rambut. Rektor Unair, Prof Dr Mohammad Nasih SE MT Ak, menyampaikan produk skincare ini sengaja dibagi menjadi dua jenis karena mengadopsi konsep perbedaan usia.“Yang warna biru untuk yang masih muda di bawah usia 30 tahun, sedangkan yang warna kuning untuk usia 30 tahun ke atas,” ujar Prof Nasih, Jumat(11/11/2022).

Pada kesempatan itu turut hadir Prof Dr (HC) Dahlan Iskan, Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia periode 2011 – 2014. Dahlan mengungkapkan rasa bahagianya karena program stem cell yang diteliti oleh Unair terus berkelanjutan hingga saat ini.

Ia mengaku dulu sempat ingin meneliti stem cell bersama para peneliti lain di Jerman, namun akhirnya ia memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan melakukan penelitian stem cell bersama para peneliti dari Unair. “Saya memutuskan untuk mendukung tim peneliti Unair. Setelah berdiskusi dengan para peneliti Unair, ternyata apa yang akan saya teliti di Jerman itu persis sama dengan yang diteliti oleh tim peneliti Unair. Penelitian ini juga tanpa risiko dan tidak ada efek samping,” tutur Dahlan.

Ia berkata ingin menjadi pejabat pertama di Indonesia yang percaya pada pengembangan terbaru tentang stem cell yang sedang hits saat ini. Menurutnya, pengembangan produk stem cell di Indonesia memerlukan biaya yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pengembangan produk stem cell di Jerman.

“Dan alhamdulillah saat ini produk stem cell yang dikembangkan oleh tim peneliti UNAIR sudah menghasilkan 14 produk skincare dan hair care,” tukas Dahlan. (mad/hjr)

#unair