Senin, 20 Mei 2024

UMKM Jatim Ikut Pelatihan Menyusun Ide Konten Ramadan

Diunggah pada : 14 Maret 2023 9:43:48 54
Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim Newsroom - KUKM Space Provinsi Jawa Timur bersama PEPPU.ID menyelenggarakan workshop bertema “Strategi Menyusun Ide Konten Selama Ramadan”. Kegiatan ini dilaksanakan di Co-working Space KUKM, Gedung Galeri Batik Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim), Senin (13/3/2023).

Mengutip laman resmi Diskop-UKM Jatim, workshop ini dilaksanakan untuk mendukung UMKM meningkatkan kualitas konten media sosial yang dimiliki selama Ramadan. Hadir sebagai narasumber adalah Rihhadata Aisy dan Gerbera Timani yang merupakan mentor ahli dari PEPPU.ID. Workshop ini dihadiri oleh lebih kurang 30 peserta yang hadir secara luring.

Sebagai pembicara pertama, Gerbera yang lebih akrab dipanggil Gabby menjabarkan ada beberapa langkah yang perlu disiapkan dalam pembuatan konten media sosial, yakni riset pasar dan riset konten, hingga ke tahap content creation. “Semuanya harus dimulai dengan perencanaan dan klasifikasi yang jelas. Jadi harus ada riset dulu, baru ke pembuatan. Namun setelahnya juga perlu diikuti dengan evaluasi dan konsistensi,” tambahnya.

Dalam riset pasar, Gabby menjelaskan ada dua hal yang dapat dijadikan panduan dalam prosesnya, yakni analisis competitor dan brand identity. Analisis competitor ialah membandingkan produk dengan pesaing sejenis, sedangkan brand identity merupakan sebuah citra yang ingin dibangun oleh suatu brand. “Kita sendirilah yang bisa menentukan citra produk kita. Lihat keunikan yang ada pada produk lalu tentukan ingin dikenal dengan kesan mewah, minimalis, ataupun fun,” terangnya.

Lebih lanjut, Rihhadata melanjutkan materi dengan menjelaskan mengenai riset konten. Dalam menentukan hal tersebut, analisis target market dapat dilakukan, yaitu mulai dari segmentasi berdasarkan demografik, geografik, dan psikografik audiens. 

Selain itu, analisis customer persona atau penggambaran karakter fiksi dari calon pembeli juga dapat diterapkan. “Dengan membuat customer persona dapat membantu konten lebih terarah. Dengan demikian, dari masing-masing persona yang telah dibangun dapat diekspor menjadi konten lain sebanyak-banyaknya,” jelas Rihhadata. 

Untuk lebih membantu, Gabby dan Rihhadata juga membagikan lembar kerja yang bisa diisi para peserta agar dapat melakukan praktik analisis konten secara langsung dalam sesi workshop.

Menutup acara, Gabby dan Rihhadata membagikan beberapa ide konten Ramadan yang bisa digunakan oleh para peserta yang hadir. Dengan materi dan ide yang disampaikan, para peserta pelaku UMKM diharapkan dapat lebih kreatif mengembangkan media sosial yang dimiliki. “Yang terpenting ialah jangan lupakan konsistensi, agar calon customer tahu, akun media sosial kita masih hidup dan brand masih aktif berjualan,” tutup Gabby. (idc/n)

#Diskop UKM Jatim #media sosial #Ramadan