Sabtu, 3 Desember 2022

ULD Disnaketrans Jatim Tuai Apresiasi

Diunggah pada : 2 Juni 2022 14:10:19 113
Ketua Lembaga Samada (Sahabat Masyarakat Berdaya), Jatim, Aurellia Agatha Sylvia dan Mangapul Sinaga

Jatim Newsroom - Unit Layanan Disabilitas (ULD) di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur banyak mendapat apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya  dari lembaga Sahabat Masyarakat Berdaya (Samada).

Ketua Samada Jatim, Aurellia Agatha Sylvia, mengapresiasi ULD Disnakertrans Jatim dalam memfasilitasi penyandang disabilitas agar bisa masuk dalam dunia kerja. "Tentunya ini membantu banyak bagi teman teman disabilitas," katanya, Kamis (2/6/2022).

Ia berharap, meskipun sudah ada layanan disabilitas lainnya namun seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemprov Jatim juga tetap memfasilitasi para penyandang disabilitas. "Memang banyak layanan, namun juga banyak juga penyandang disabilitas belum mengetahui informasi secara tepat," ujarnya.

Apresiasi juga diberikan Ketua Disabilitas Motorcycle Indonesia Jawa Timur, Syakur. Menurut Syakur, ULD merupakan langkah yang luar biasa dan seharusnya diikuti OPD lain.

"Ini merupakan perhatian dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Disnakertrans, dan saya salut dengan langkah konkret dan perhatian pada kami," ucapnya.

Kepala Disnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo, menyampaikan, melalui ULD, pihaknya berupaya memberikan peluang dan kesempatan yang sama pada penyandang disabilitas untuk memasuki dunia.

"Unit ini melayani berbagai kebutuhan difabel. Seperti penempatan kerja, pelatihan dan pemberdayaan, hingga membantu dalam hubungan industrial,” kata Himawan Estu Bagijo.

Selain itu, melalui ULD Jatim ikut memantau penerapan UU 8/2016 tentang Penyandang Disabilitas. Dalam aturan tersebut, dijelaskan mengenai kewajiban perusahaan/institusi untuk memberikan akses lapangan kerja bagi difabel. Instansi pemerintah/BUMN diwajibkan merekrut SDM dari difabel minimal 2 persen dari seluruh tenaga kerja. Sedangkan untuk sektor swasta minimal menampung 1 persen.

"Adanya ULD atau Career Day bagi penyandang disabilitas, merupakan bagian dari dukungan Pemprov Jatim dalam membangun sumberdaya manusia atau koneksitas," katanya. (her/s)

#disnakertrans