Senin, 22 Juli 2024

UB Jadi Tuan Rumah Baluran Roadshow to Campus, Kenalkan Teknologi Konservasi

Diunggah pada : 10 Juli 2024 14:15:55 45

Jatim Newsroom - Universitas Brawijaya (UB) terpilih sebagai perguruan tinggi perdana dalam rangkaian Baluran Roadshow to Campus 2024. Acara yang diselenggarakan di Gedung Baru Fakultas Pertanian UB ini bertujuan mengenalkan teknologi mutakhir yang diterapkan dalam Ekspedisi Kaldera yang digelar oleh Balai Taman Nasional Baluran pada 2023.

Prof. Mangku Purnomo, Dekan Fakultas Pertanian UB, Rabu (10/7/2024) menyambut positif kegiatan tersebut sebagai sarana pembelajaran dan praktik terbaik bagi mahasiswa, khususnya di bidang kehutanan. "Mahasiswa adalah calon penerus kelestarian taman nasional di Indonesia, поэтому acara ini sangat bermanfaat," ujarnya.

Baluran Roadshow to Campus menampilkan sejumlah pameran menarik. Pengunjung dapat menyaksikan koleksi foto flora dan fauna dari Taman Nasional Baluran, video dokumenter Ekspedisi Kaldera, serta buku hasil penelitian dan ekspedisi. Selain itu, pameran juga menampilkan peralatan monitoring satwa seperti kamera trap, GPS collar, dan drone yang digunakan dalam upaya konservasi.

Kelompok Studi Mahasiswa Kehutanan Universitas Brawijaya turut meramaikan pameran dengan memamerkan hasil diklat, kegiatan inventarisasi, dan peta. Antusiasme pengunjung sangat tinggi, tidak hanya dari mahasiswa Fakultas Pertanian, tetapi juga dari berbagai fakultas dan jenjang pendidikan lainnya.

Kegiatan yang melibatkan berbagai pembicara dari enam bidang ilmu relevan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), dosen, dan pelajar tingkat atas kota Malang. Materi yang disampaikan memantik pertanyaan menarik dari peserta, membuktikan tingginya kepedulian terhadap konservasi. "Ini adalah kali pertama kami menghadirkan enam bidang ilmu yang terkait dengan konservasi dalam kegiatan HMKT FP UB. Kami berharap acara ini dapat memperkuat jiwa konservasionisme di kalangan akademisi," ungkap. (jal/hjr)

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait