Senin, 2 Oktober 2023

Truk Tambang Bermuatan Lebihi Kapasitas Sebabkan Kerusakan Jalan

Diunggah pada : 6 April 2023 21:10:03 48
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Kepala DPUPKP Jamus Kunto memeriksa ruas jalan yang rusak akibat truk tambang bermuatan melebihi kapasitas.

Jatim Newsroom - Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Ponorogo mendapati kerusakan jalan di luar prediksi pasca perbaikan besar-besaran beberapa waktu lalu. Panjangnya sekitar empat kilometer. Usut punya usut, kerusakan ruas jalan Bibis-Gajah dan Bibis-Manuk sepanjang 1,5 kilometer; Ngambakan-Sampung 1 kilometer; serta kerusakan sporadis Sampung-Pohijo itu gara-gara truk tambang galian yang melintas dengan muatan melebihi batas kapasitas. 

‘’Ada beberapa segmen jalan yang saat ini mengalami kerusakan melebihi prediksi kami. Pemicu kerusakan adalah truk tambang yang ODOL  (over dimension and over load). Muatan kendaraan yang melebihi batas maksimal dan ridak sebanding dengan batas ketahanan jalan,’’ kata Kepala DPUPKP Ponorogo Jamus Kunto, Kamis (6/4/2023).

Menurut dia, spesifikasi peningkatan ruas jalan yang selama ini dibiayai dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) berkapasitas beban maksimal sumbu terpusat atau gandar 8 ton. Sedangkan truk tambang yang lewat memiliki muatan sumbu terberat (MST) rata-rata 10 hingga 20 ton. ‘’Rasanya tidak mungkin kurang dari 10 ton. Dari volume baknya sudah terlihat, ada sambungan ke atas. Kalau diihat dua kali lipat dari yang dipersyaratkan,’’ bebernya. 

Jamus mengungkapkan, rekanan sebenarnya sudah memperbaiki kerusakan yang terjadi. Sebab, masa pemeliharaan berlaku mulai Januari hingga Desember 2023 setelah pembangunan jalan rampung akhir Desember lalu. ‘’Ini butuh solusi terpadu. Ketika nanti diperbaiki, adakah jaminan tidak akan rusak lagi. Ruas Ngambakan-Sampung sudah sempat diperbaiki namun rusak lagi di tempat yang sama,’’ ungkapnya. 

Seperti diketahui, Pemkab Ponorogo memperbaiki jalan rusak sepanjang 181 kilometer dari total ruas jalan poros kabupaten sepanjang 221,8 kilometer. Perbaikan jalan itu mereduksi jalan rusak hingga hanya tersisa 40,8 kilometer. (why/n)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo