Selasa, 16 April 2024

TNI AL Bersama Us Navy dan US Marine Corps Gelar Carat 2022

Diunggah pada : 7 Desember 2022 19:39:46 105
Foto : Pembukaan Latihan Bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness and Training (Carat) 2022/ Dispen Koarmada II

Jatim Newsroom- Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksda TNI Rachmad Jayadi, mewakili Pangkoarmada II, Laksda TNI  T.S.N.B. Hutabarat, memimpin upacara pembukaan Latihan Bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness and Training (Carat) 2022 antara TNI Angkatan Laut bersama US Navy dan US Marine Corps (USMC), bertempat di Gedung Auditorium Puslatkaprang Koarmada II, Rabu (7/12/2022).

Acara pembukaan tersebut juga dihadiri Konjen AS Jonathan Alan, Vice Commander US 7th Fleet RADM Joaquin J. Matines De Pinillos, dan Commander of Marine Forces Special Operations Command Major General Matthew G. Trollinger. 

Latma Carat 2022 merupakan latihan bilateral rutin setiap tahun yang diselenggarakan oleh TNI AL bersama US Navy dan USMC dengan menitikberatkan pada materi Naval Warfare dan Maritime Security.

Kegiatan ini dibagi dalam dua tahap yakni tahap Shore Phase yang dilaksanakan pada tanggal 7 s.d. 16 Desember 2022 di Komando Latihan Puslatkaprang Koarmada II, dan tahap Sea Phase yang dilaksanakan pada tanggal 17 s.d. 21 Desember di Pasir Putih Situbondo, Jawa Timur.  

Dalam sambutannya yang dibacakan Wadan Kodiklatal,  Pangkoarmada II menyampaikan, kedua Angkatan Laut telah menjalin hubungan bilateral yang kuat selama beberapa dekade, untuk itu diharapkan dengan adanya latihan ini dapat meningkatkan profesionalisme prajurit dari kedua negara. 

Latihan ini akan dilaksanakan dalam beberapa Working Group (WG) atau forum diskusi antara kedua Angkatan Laut diantaranya Command, Control, Communications, Computers, Intelligence, Surveillance and Reconnaissance (C4ISR), Divex, Band, Medical, Land Operations, Legal, Public Affairs, Seabee, Aviation dan Force Protection.(hjr)

#Koarmada II