Jumat, 29 Maret 2024

TMMD Ke-116 di Desa Randuharjo Kabupaten Mojokerto Resmi Dimulai

Diunggah pada : 10 Mei 2023 15:14:17 157
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-116 di Desa Randuharjo, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto resmi dimulai. Hal ini ditandai dengan adanya upacara pembukaan yang berlangsung di Lapangan Desa Randuharjo, pada Rabu (10/5/2023) pagi.

Pada momen itu, bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati pun turut mengikuti rangkaian kegiatan pembukaan TMMD tersebut. Selain itu, turut pula hadir Komandan Korem 082/Citra Panca Yudha Jaya, Komandan Kodim 0815/Mojokerto, Letkol Inf Iqbal Prihanta Yudha, jajaran Polres Mojokerto, OPD, serta staf Kodim 0815/ Mojokerto.

Dengan tema ‘Sinergi Lintas Sektorat Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat’, pada TMMD kali ini terdapat enam sasaran pembangunan baik fisik maupun non-fisik.

Sasaran tersebut di antaranya, pertama, Jalan Usaha Tani Desa Randuharjo. Terdapat dua titik yang berada di Dusun Kamotan Wetan dengan panjang 855 meter x 2,5 meter. Sementara di Dusun Randurancang dengan panjang 195 meter x 2,5 meter. 

Sasaran kedua, Jalan Lingkungan Desa Randuharjo yang berada di Dusun Kamotan Wetan dengan ukuran 255 meter x 4 meter dan jalan di Dusun Randurancang dengan ukuran 205 meter x 4 meter. 

Sasaran ketiga, rehab Mushola Nurul Hidayatulloh yang berada di Dusun Arjosari dengan anggaran 100 juta rupiah. Sasaran keempat, rehab ruang kelas SDN Randuharjo 2 dengan anggaran 200 juta rupiah. 

Selain itu, terdapat sasaran tambahan yakni sasaran kelima, pembangunan jambanisasi dengan anggaran 213 juta rupiah lebih dengan sasaran realisasi 16 unit jamban. Serta, sasaran keenam, renovasi rumah tidak layak huni sejumlah 9 unit dengan anggaran 180 juta rupiah. 

Melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menyampaikan, program TMMD ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan serta memperkuat kemanunggalan TNI dengan rakyat. 

"Tujuan utama program TMMD adalah pemerataan pembangunan nasional untuk lebih sejahtera, adil dan gotong royong, serta memperkuat kemanunggalan TNI dengan masyarakat," jelasnya. 

Lebih lanjut dijelaskan oleh Bupati Ikfina, proses perencanaan TMMD tahun 2023 ini, direncanakan dengan sistem perencanaan 'bottom up'. Yang mana, perencanaan pembangunan tersebut merupakan aspirasi dari masyarakat.

"Sasaran kegiatan ditetapkan dan diakomodir ke dalam rencana kerja Pemerintah Kabupaten Mojokerto tahun 2023, dengan total anggaran sebesar satu milyar enam ratus sembilan puluh tiga juta empat ratus ribu rupiah," terangnya. 

Dalam konteks kepentingan pembangunan, Ikfina menuturkan, program TMMD merupakan sarana untuk membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan masyarakat, mengatasi kesulitan yang terjadi di wilayah, serta meningkatkan akselerasi pembangunan di tingkat desa, dengan indikator kinerja utama Pemerintah Kabupaten Mojokerto yakni Indeks Desa Membangun (IDM).

Bupati Ikfina pun mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas dukungan seluruh pihak dalam pelaksanaan TMMD Ke-116 di Kabupaten Mojokerto ini. 

"Saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, atas dukungan, kerja sama, soliditas dan sinergitas semua pihak, yang mendukung pelaksanaan TMMD Ke-116 Kabupaten Mojokerto tahun 2023 ini," tuturnya. 

Mengingat tahun ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, Bupati Ikfina pun berpesan agar tetap mematuhi protokol kesehatan. "Selamat bekerja, tetap patuhi protokol kesehatan, semoga Allah senantiasa melimpahkan kesehatan, rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua," pesannya. 

Sekadar diketahui, selain pembangunan fisik, dalam pelaksanaan TMMD Ke-116 kali ini juga dilakukan kegiatan non fisik, yakni senam dan gebyar minum tablet penambah darah bersama, pelatihan batik ecoprint, pelayanan administrasi kependudukan keliling (e-KTP, KIA, akta kelahiran, akta kematian, KK), pelatihan pembuatan kue kering, pelayanan mobil perpustakaan keliling, pemberian bantuan desinfektan, serta pelayanan kesehatan hewan. (vin)

 

#TMMD #Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto