Kamis, 28 Maret 2024

Tingkatkan Profesionalisme PK Bapas, Ditjen Pemasyarakatan Jalin Kerjasama Dengan UNODC

Diunggah pada : 14 Juni 2022 16:13:01 134
Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji (tengah),Pujo Harinto, Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Ditjen Pemasyakatan, Collie F. Brown, Country Manager UNODC.

Jatim Newsroom-Profesionalisme para petugas Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan (PK Bapas) terus ditingkatkan, salah satunya dengan kegiatan Training Of Trainer (ToT) yang digelar pada Selasa (14/6/2022). Bekerja sama dengan UNODC (United Nation On Drugs and Crime) atau Badan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) kejahatan narkoba, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan menggelar  Training of Trainer (ToT) terkait Asesmen Risiko Residivisme Indonesia (RRI) dan kebutuhan kriminogenik.

Kegiatan yang digelar di Harris Hotel & Conventions Bundaran Satelit Surabaya tersebut dibuka secara langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji. Hadir pula Pujo Harinto, Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Ditjen Pemasyakatan, Collie F. Brown, Country Manager UNODC. Sementara itu Sekretaris II Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Mr. Owen Richards, hadir memberi sambutan melalui virtual.

Kakanwil Kemenkumham Jatim, Zaeorji menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan Pemasyarakatan Peran PK menjadi sangat strategis mulai dari awal penempatan narapidana (klasifikasi) di Lapas sampai pada proses reintegrasi sosial. “Oleh karena itu peningkatan kualitas maupun kapabilitas Pembimbing Kemasyarakatan sangat diperlukan,” terangnya.

Hal tersebut, lanjutnya, juga sesuai dengan tujuan Revitalisasi Penyelenggaraan Pemasyarakatan. “Diantaranya adalah meningkatkan objektifitas penilaian perubahan perilaku Narapidana sebagai pedoman dalam pelaksanaan Pembinaan Narapidana,” ungkapnya, Selasa(14/6/2022).

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan juga membantu PK untuk mengasah analisis sehingga dapat memberikan penilaian terbaik dalam Instrumen Asesmen Resiko dan kebutuhan yang dituangkan dalam Litmas. “Dan sebagai bekal persiapan yang sangat bermanfaat dalam pelaksanaan tugas PK dalam menangani klien Pemasyarakatan,” ujarnya.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari tersebut yaitu sejak 14-16 Juni 2022 tersebut menghadirkan para Narasumber baik dari Inggris yang hadir secara online maupun Tim dari Ditjenpas. (mad/hjr)

 

#Kanwil Kemenkumham Jatim