Selasa, 23 Juli 2024

Pemkab Mojokerto Serahkan Bantuan 166 Ekor Kambing

Tingkatkan Produktivitas Kelompok Tani, Pemkab Mojokerto Serahkan Bantuan 166 Ekor Kambing

Diunggah pada : 30 Mei 2024 14:43:24 34
Penyerahan bantuan hibah kambing di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten Mojokerto terus berupaya meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan kelompok tani. Salah satunya dengan menyerahkan bantuan hibah 166 ekor kambing berjenis peranakan etawa (PE) kepada 8 kelompok tani (poktan) yang tersebar di 5 kecamatan. Gelontoran bantuan itu diharapkan dapat meningkatkan produktivitas ekonomi dan kesejahteraan para poktan di Bumi Majapahit.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto Kamis (30/5/2024), Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati menyampaikan penyerahan bantuan kambing ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Mojokerto untuk meningkatkan kesejahteraan para poktan. Selain itu, peternakan ini juga menjadi potensi yang penting di Kabupaten Mojokerto, terutama dalam menggerakkan ekonomi.

"Kambing harus bisa berkembang lebih banyak. Kalau bisa 15 betina itu bunting semua. Itu sangat bagus. Uang untuk membeli kambing ini senilai Rp503 juta, yang dianggarkan dalam APBD. Melalui pemberian bantuan ini, tugas Anda semua adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan poktan dan keluarga," ucap Bupati Ikfina.

Ia juga meminta para Poktan untuk bisa memanfaatkan segala potensi yang ada di peternakan, salah satunya kotoran hewan. Menurutnya, kotoran hewan kambing bisa dimanfaatkan dan bisa diolah untuk menjadi pupuk organik.

"Jadi nanti bisa diputar kembali kotorannya bisa dijadikan pupuk, kemudian kalau tidak salah urinenya juga bisa dimanfaatkan, jadi ini semua bisa dimanfaatkan dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, dalam laporan Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Nurul Istiqomah mengungkapkan penyerahan bantuan hewan ternak kambing ini, menjadi salah satu komitmen Pemkab Mojokerto dalam mengembangkan ketahanan pangan di wilayahnya.

"Harapan kita di dinas pertanian adalah, bagaimana agar selalu mengembangkan ketahanan pangan. Ketahanan ini tidak selalu berasal dari sektor pertanian, tapi juga dari peternakan," tuturnya.

Nurul juga menyebutkan jumlah kambing hibah yang diterima para poktan di tahun anggaran 2024 kali ini yaitu sebanyak 166 kambing, serta yang terbanyak diserahkan kepada Poktan Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong.

Diketahui, terdapat 8 Poktan yang menerima bantuan hibah 166 ekor kambing diantaranya, Poktan Sumber Makmur, Desa Gunungsari, Kecamatan Dawarblandong yang menerima bantuan 43 ekor kambing betina dan 4 ekor kambing jantan.

Selanjutnya, Poktan Sumber Tani Satu, Poktan Sumber Tani Dua, Poktan Sumber Tani Tiga, dan Poktan Sumber Tani Empat yang berada di Desa Plososari, Kecamatan Puri. Masing-masing mendapatkan 15 ekor kambing betina dan 2 ekor kambing jantan.

Serta Poktan Sopongiro Satu, Desa Begaganlimo, Kecamatan Gondang, Poktan Sekartani, Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, serta Poktan Tani Kembangsri, Desa Kembangsri Kecamatan Ngoro, yang masing-masing juga mendapatkan 15 ekor kambing betina dan 2 ekor kambing jantan. (idc/hjr)

#peternakan #Kabupaten Mojokerto #kelompok tani