Jumat, 19 April 2024

Tingkatkan Motorik, Stikes Pemkab Jombang Ajak PM Buat Telur Asin

Diunggah pada : 4 Januari 2023 13:32:21 45

Jatim Newsroom- Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha (UPT PSTW) asrama Jombang bersama praktikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang melakukan peningkatan motorik penerima manfaat (PM) lansia.

Kegiatan yang  dilakukan di halaman tengah dengan dihadiri 35 PM, pekerja sosial (peksos), dan pembimbing praktikan. Dalam kesempatan ini, praktikan meningkatkan motorik PM dengan kegiatan seperti membuat telur asin. Semua bahan sudah disiapkan oleh praktikan. PM diminta untuk membuat telur asin dengan didampingi oleh praktikan. 

Aktivitas ini bertujuan untuk meningkatkan motorik lansia, di mana mereka diajarkan untuk mengepal tanah liat yang sudah bercampur dengan garam dan menyelimuti seluruh permukaan telur asin. Dengan gerakan menggenggam atau mengepal tangan maka saraf motorik akan bekerja, sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya ingat pada PM lansia.

Selanjutnya, hasil pembuatan telur asin akan diserahkan kepada dapur untuk disimpan terlebih dahulu. Setelah itu telur asin akan dimasak oleh petugas dapur dan akan dibagikan kepada PM.

Kepala UPT PSTW Jombang, Sri Retno Hartiwi, mengucapkan banyak terima kasih kepada praktikan dikarenakan sudah kreatif dalam mengemas kegiatan yang telah diberikan kepada PM, sehingga PM lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan. 

“Semoga apa yang menjadi tujuan dapat terlaksana,” ungkapnya. (her/s)

#dinsos jatim