Jumat, 19 April 2024

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Lamongan Terus Pantau Pembangunan Insfrastruktur

Diunggah pada : 26 Oktober 2022 14:27:10 60
Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi (topi hitam)

Jatim Newsroom - Lamongan berkomitmen melakukan percepatan pembangunan insfrastruktur untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Dimulai dari sektor kesehatan dengan peresmian pondok bersalin desa (Polindes) Karanggeneng oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, di Balaidesa Karangrejo Kecamatan Karanggeneng Lamongan.

Dikatakan oleh Bupati Lamongan, hadirnya Polindes Karanggeneng akan memudahkan akses kesehatan masyarakat, khususnya pelayanan kandungan. Serta dapat menjamin kesehatan masyarakat dengan baik.

"Adanya Polindes ini akan menambah kualitas pelayanan kesehatan masyarakat, karena akan mendekatkan dan mempermudah akses di sektor kesehatan," tuturnya, dikutip dari rilis Pemkab Lamongan, Rabu (26/10/2022).

Polindes Karangrejo yang akan dioperasikan mulai pekan depan itu dilengkapi dengan fasilitas bed, perlengkapan dasar kesehatan, dan peralatan lainnya. Mendapati kunjungan rata-rata 7-10 pasien ler harinya, Polindes Karangrejo tersebut melayani pengobatan diabetes, hipertensi, insfeksi saluran pernapasan atas (ISPA), dan screening kandungan.

Percepatan pada sektor kesehatan juga sudah diwujudkan dengan menciptakan 20 puskesmas pembantu, program home care service (HSC) yang menggunakan sistem jemput bola pada pasien dan sudah berhasil menangani 1.600 pasien, serta akan disusul dengan pencanangan RSUD di daerah pantura tepatnya kawasan Brondong berguna untuk pemerataan akses kesehatan bagi masyarakat.

"Tahun 2021 Lamongan mengadakan program HCS yang kini berjalan sukses membantu pengobatan serta memberikan bantuan keuangan untuk akses kesehatan. Pada tahun 2022 Lamongan mencetuskan 20 Puskesmas Pembantu (Pustu) untuk menambah kualitas pelayanan kesehatan. Dan pada tahun ini juga alan dimulai pembangunan 1 RSUD lagi yang ditempatkan di Brondong, agar masyarakat pantura mendapat pemerataan pelayanan kesehatan," kata Bupati.

Pada kunjungannya, Bupati Lamongan juga melakukan peninjauan pada Polindes Guci Kecamatan Karanggeneng. Sebagai penanggungjawab posyandu di desa, Polindes tersebut dijadikan sebagai sarana pengobatan, persalinan, serta screening awal kandungan. Pada kesempatan tersebut Pak Yes memastikan bahwa di desa Guci nihil kasus stunting.

"Peralatan medis dasar sudah tersedia, dengan kunjungan pasien 9-10 per hari. Adanya Polindes dipastikan memberi pelayanan kesehatan, dibuktikan dengan nihilnya kasus stunting pada Desa Guci," terangnya.

Pada bidang insfrastruktur, Bupati Yuhronur Efendi melakukan sidak hasil finish sidak rabat beton di Dusun Banjarsari  Desa Banjarmadu Kecamatan Karanggeneng, Desa Guci, Dusun Koloputih, dan Dusun Setrobanteng. Yang mana merupakan wujud dari dana dusun yang diberikan Pemkab Lamongan untuk memperbaiki fasilitas setiap desa sehingga dapat memperlancar arus transportasi masyarakat.

"Tadi kami melakukan peninjauan rabat beton, yang mana bentuk fisik dari diimplementasikannya dana dusun. Terbukti dana dusun berhasil tersampaikan dan dapat dirasakan oleh masyarakat," pungkasnya. (ghf/n)

#lamongan