Kamis, 6 Oktober 2022

Tim Pengabdian Masyarakat Untag Surabaya Beri Solusi Aplikasi POS untuk Kopontren At -Tanwir Sampang

Diunggah pada : 23 September 2022 8:51:27 33
Foto; dok.Untag Surabaya untuk JNR Kominfo Jatim

Jatim Newsroom - Tim Pengabdian Masyarakat Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang terdiri dari 3 dosen multidisiplin keilmuan dan 2 mahasiswa, menawarkan solusi dengan pemanfaatan teknologi Informasi kepada Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) AT-TANWIR Kabupaten Sampang. Solusi tersebut adalah sebuah aplikasi yang dinamakan POS (Point Of Sell) dan juga Pembekalan untuk perawatan aplikasi pasca Implementasi.

Aplikasi POS yang kerap disebut juga dengan istilah aplikasi kasir, merupakan program software pendukung terjadinya transaksi langsung dengan penjual. Hal ini banyak ditemui terutama pada bisnis di bidang ritel dengan banyak cabang.

Agar kegiatan ini benar-benar membantu, tim yang dipimpin oleh Dr. Achmad Maqsudi dengan anggota Dr. Abdul Halik, Agus Hermanto, S.Kom, Siswoyo, dan Yohana Luckyta ini, menggunakan  beberapa metode. Yaitu, metode Pra Implementasi, Setting dan instalasi, Penyiapan Panduan Penggunaan, Pengujian Operasional Aplikasi POS, Implementasi Aplikasi POS di Koperasi At-Tanwir, dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi.

"Permasalahan yang dihadapi oleh Koperasi Pondok Pesantren AT-TANWIR adalah ketiadaan aplikasi penunjang manajemen dan kemampuan SDM dalam menjalankan sistem informasi manajemen," ujar Achmad Masduqi, Jumat (23/9/2022).

Acmad Masduqi berharap, melalui aplikasi tersebut Kopontren At-Tanwir mampu meningkatkan kepuasan layanan kepada pelanggan serta meningkatkan kompetensi SDM, terutama dalam hal bertambahnya ketrampilan operator pengguna sistem dan administratror.

Selain itu juga bisa meningkatkan kapabiltas organisasi (layanan dan pencatatan manual menjadi berbasis komputer dan peningkatan omset penjualan. Hal ini juga sekaligus meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi. 

"Keberadaan aplikasi penunjang tersebut sangat penting pada saat ini sebagai gerbang terdepan hubungan Koperasi AT-TANWIR dengan publik, termasuk pemerintah, dalam hal ini adalah Dinas Koperasi," ujar Achmad MAsduqi.(sti)

#Untag Surabaya