Kamis, 18 Juli 2024

Tim Kreatif Pembukaan Piala Dunia U-17 Mapping Area di GBT Surabaya

Diunggah pada : 29 September 2023 20:13:11 215
Tim Kreatif Pembukaan Piala Dunia U-17 Mapping Area di GBT Surabaya

Jatim Newsroom - Perhelatan akbar Piala Dunia U-17 akan segera digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya pada 10 November 2023 mendatang. Dalam mempersiapkan hal tersebut, kali ini perwakilan tim Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur- Bali, beserta perwakilan tim kreatif untuk upacara pembukaan Piala Dunia U-17 turun langsung melakukan pengecekan di Stadion GBT Surabaya, Jumat (29/9/2023) pagi.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati, mengatakan, kedatangan  perwakilan tim BBPJN Jawa Timur-Bali merupakan tindak lanjut atas kunjungan Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian PUPR RI Diana Kusumastuti beserta jajarannya, pada Kamis (28/9/2023) kemarin.

“Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Jawa Timur dan Bali berkunjung ke Surabaya dan berbicara tentang penyelesaian parkir yang hari ini juga sedang diselesaikan oleh pemkot dan BBPJN. Secara teknis kunjungan di lapangan melihat dan mengkalkulasi apa yang harus dilakukan secara bersama-sama dengan timeline yang sangat ketat sekali,” kata Wiwiek.

Bukan hanya itu, Wiwiek membeberkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga kedatangan tamu lainnya, yakni perwakilan tim kreatif di bawah arahan Wishnutama selaku creative director untuk tampilan atraksi pertunjukan dalam upacara pembukaan Piala Dunia U-17.

“Perwakilan dari salah satu tim kreatif melakukan mapping area untuk mengatur pelaksanaan pembukaan. Baik dari atraksi, mainstage, lampu, artis, dan sebagainya. Serta, tempat dan ruang mana saja yang bisa dimanfaatkan untuk aktivitas mereka,” beber dia.

Oleh sebab itu, Wiwiek memastikan bahwa secara keseluruhan Pemkot Surabaya telah siap menyambut Piala Dunia U-17. Sarana dan prasarana Stadion GBT Surabaya pun siap digunakan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-17 pada 10 November 2023 mendatang. Apalagi, stadion GBT Surabaya menjadi home base bagi Tim Nasional (Timnas) U-17 Indonesia di babak penyisihan Grup A.

“Secara keseluruhan Pemkot Surabaya sudah siap menyambut Piala Dunia U-17. Sebab kedatangan mereka adalah untuk menyempurnakan GBT,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Surabaya (DSDABM) Kota Surabaya, Lilik Arijanto menyampaikan, kedatangan perwakilan tim BBPJN Jawa Timur-Bali adalah untuk berkolaborasi dengan Pemkot Surabaya, yaitu dalam pembuatan lapangan parkir. 

“Dari hasil tinjauan, penyelesaian parkir harus (selesai) sebelum yang disyaratkan FIFA, maka pengerjaannya kita bagi dua. Sisi sebelah timur akan dikerjakan oleh pemkot, lalu sebelah barat dibantu BBPJN. Mereka sudah menyatakan bisa membantu kita untuk menyelesaikan itu sebelum tanggal yang ditentukan oleh FIFA,” kata Lilik.

Lilik menerangkan, nantinya dalam proses pengerjaan lapangan parkir, Pemkot Surabaya akan menyelesaikan pengerjaan lapangan parkir untuk VVIP. Sedangkan BBPJN Jawa Timur-Bali akan menyelesaikan pengerjaan lapangan parkir untuk official. Total luas lapangan parkir yang akan dikerjakan adalah 22.000 m2. Artinya pengerjaan lapangan parkir akan dibagi dengan masing-masing luas 11.000 m2.

“Area yang dikerjakan Pemkot saat ini lagi diurug (dipendam), kebetulan urugan ini selesai. Maka pengerjaan lapangan parkir sudah bisa dimulai minggu depan,” terangnya.

Di sisi lain, ada beberapa hal yang menjadi fokus perbaikan sebelum pelaksanaan Piala Dunia U-17 berlangsung. Salah satunya adalah akses jalan masuk di gerbang Stadion GBT Surabaya. Akses jalan masuk tersebut akan dibuat mendatar agar tidak menyulitkan pengendara yang masuk. Selain itu, DSDABM Kota Surabaya tengah menyiapkan saluran tepi, keduanya direncanakan akan selesai pekan depan.

“Penyesuaian jalan masuk yang di sisi barat itu elevasinya agak terlalu curam sehingga kita harus meratakan agar tidak menyulitkan pengendara yang lewat. Selain untuk parkir sendiri, kita juga menyiapkan untuk saluran tepi. Kita kerjakan semuanya, kemungkinan pekan depan sudah selesai,” jelasnya.

Meski demikian, Lilik memastikan, secara keseluruhan kesiapan di Stadion GBT Surabaya menjelang Piala Dunia U-17 sudah selesai. Harapannya dengan perbaikan-perbaikan yang terus dikebut itu dapat memaksimalkan sarana dan prasarana Stadion GBT Surabaya agar pertandingan FIFA bisa segera digelar di Kota Pahlawan.

“Untuk keseluruhan kita sudah menyiapkannya. Kita juga sudah melalui beberapa tahap evaluasi pada gelaran pertandingan besar milik FIFA. Evaluasinya adalah dari semua proses itu,” pungkasnya.(her/s)

#olahraga #piala dunia U 17 #Piala Dunia U17 2023