Kamis, 25 April 2024

Tim Kesehatan PMI Berikan Dukungan Medis pada Rangkaian Peringatan Hari Jadi ke 347 Kabupaten Magetan

Diunggah pada : 6 Oktober 2022 19:00:45 59
Tim kesehatan PMI Magetan saat menjalankan tugas pada rangkaian kegiatan Ziarah Makam Gubernur, M.R.T Soerjo yang dihadiri oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Magetan, Suprawoto

Jatim Newsroom - Menyambut Hari Jadi ke 347 Kabupaten Magetan, Palang Merah Indonesia (PMI)  Magetan akan memberikan dukungan penuh dalam bidang medis di seluruh rangkaian kegiatan peringatan tersebut. PMI Magetan yang tergabung dalam tim kesehatan maupun tim ambulan selalu siap siaga apabila ada peserta yang membutuhkan pertolongan pertama saat mengikuti rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi ke 347 di Kabupaten Magetan.

Rangkaian kegiatan tersebut antara lain ziarah ke 7 makam leluhur atau sesepuh Kabupaten Magetan yang di pimpin langsung oleh Bupati, Suprawoto, pada tanggal 04 Oktober 2022. Antara lain Makam Ki Mageti yang terletak di utara Alon - alon Magetan, Makam Yosonegoro yang terletak di Kel Tambran Magetan, Makam Nrang Kusumo yang terletak di Kel Bulukerto Magetan, Makam Maduretno yang terletak di puncak Gunung Bancak Ds, Giripurno Kawedanan, Makam Kertonegoro ( M. R. T Soerjo / Gubernur pertama Provinsi Jawa Timur ) yang terletak di Jalan Salak Magetan, Makam Purwodiningrat di Desa Pacalan Plaosan, Makam Ronggogalih di Desa Durenan Kec. Sidorejo.

Tim kesehatan PMI juga terlibat dalam rangkaian kegiatan lain seperti  jalan sehat “Napak Tilas” perpindahan pemerintahan Kabupaten Magetan dari Desa Ngunut Kec. Parang ke Magetan, atau yang sekarang dikenal dengan nama NGUPATAN (Ngunut, Parang, Magetan)  pada tanggal 05 Oktober 2022 di Alun –alun Magetan.

Puncaknya,  Tim kesehatan PMI  Magetan ikut terjun langsung pada salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke 77, yaitu  ziarah Makam Gubernur Jawa Timur yang pertama, M. R. T. SOERJO pada tanggal 06 Oktober 2022.  Kegiatan ini merupakan agenda rutin  peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang pada pelaksanaanya selalu bersamaan dengan Hari Jadi Kabupaten Magetan  yang bertepatan di bulan Oktober.  Saat itu, Gubernur Jawa Timur,  Khofifah Indar Parawansa memimpin langsung upacara prosesi penghormatan di Makam  Gubernur Jawa Timur pertama kali  yang berasal dari Kabupaten Magetan ini.

Ketua PMI Kabupaten Magetan, BAMBANG TRIANTO, berpesan kepada seluruh tim kesehatan dan  tim Ambulan khususnya dari PMI Kabupaten untuk dapat melaksanakan tugas dengan sebaik – baiknya. Dirinya menghimbau kepada tim yang bertugas untuk selalu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan sebagai Koordinator Tim Kesehatan kali ini.

“Alhamdulilah, hingga saat ini Tim PMI masih belum menangani pasien meskipun pada saat kegiatan diguyur hujan dengan intensitas rendah dan harapan juga doa kami hingga selesai kegiatan digelar tidak ada yang sakit dan pingsan baik itu petugasnya maupun pesertanya,” ujarnya saat Kamis (06/10/2022).

Dirinya juga mengharapkan tim kesehatan PMI Magetan selalui siaga, mengingat padatnya rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke 347 Kabupaten Magetan, seperti saat menjelang  malam Tirakatan untuk mengenang para pahlawan yang telah berjasa, tanggal 11 Oktober 2022 di pendopo Surya Graha Magetan. Bahkan, tim Kesehatan PMI juga terlibat pada pelaksanaan upacara bendera memperingati Hari Jadi ke 77 Provinsi Jawa Timur dan Hari Jadi ke 347 Kabupaten Magetan  pada tanggal  12 Oktober 2022  di Alun - alun Magetan. (Aud/s)

#pmi