Minggu, 29 Januari 2023

Tim JANETA UPT RSBN Malang, Jangkau Anak Disabilitas Netra di Sidoarjo

Diunggah pada : 12 Mei 2022 8:28:58 108
Tim JANETA UPT RSBN Malang, Jangkau Anak Disabilitas Netra di Sidoarjo

Jatim Nesroom - Pemprov Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial Bina Netra (UPT RSBN) Malang memberikan jangkauan sosialisasi kepada anak disabilitas netra yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

"Kegiatan jangkauan ini bertujuan untuk sosialisasi kepada disabilitas netra dan tindak lanjut dari informasi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur ketika melaksanakan kunjungan di Pondok Pesantren Darul Muttaqin, Tulangan, Sidoarjo," ujar Kasi Pelayanan UPT RSBN, Bambang Oetoyo.

KBambang Oetoyo mengatakan, dalam penjangkauan sosialisasi ini pihaknya menawarkan program short course kepada salah satu penyandang disabilitas netra, bernama Fariha. UPT RSBN Malang memiliki banyak fasilitas dan kegiatan pembelajaran maupun keterampilan yang dapat dipelajari oleh PM (penerima manfaat) serta juga dapat belajar bersosialisasi dengan baik di lingkungan dan masyarakat.

Fariha Wasilatun Naja (11) merupakan putri dari pasangan Agus dan Nur Faizah. Pasangan ini merupakan pemilih pondok pesantren Darul Muttaqin. Fariha lahir secara prematur usia kandungan 6 bulan dan mengalami cacat netra. Kini Fariha menduduki bangku kelas 5 SD di SLB Dewi Kartika Taman Sidoarjo. Fariha merupakan anak yang ceria dan aktif, ia sudah belajar mandiri dalam melakukan kegiatan sehari-hari khususnya dalam hal mobilitas di sekitar rumah tanpa menggunakan alat bantu tongkat.

Selain bersekolah Fariha juga berkegiatan latihan bermain piano serta menghafal Al-Qur’an. Fariha sempat mendapatkan Al-Qur’-an braille dari Ika mahasiswa UNAIR sehingga ia sangat ingin belajar membaca dan menulis Al-Qur’an dalam huruf braille. Ia juga memiliki cita-cita menjadi hafidzah, youtuber, pianis, dan pencipta lagu.

Sementara itu Nur Faizah orang tua Fahira menungkapkan “apapun yg terbaik untuk anaknya akan terus mendukung penuh. "Saya ingin mengembangkan bakat anak saya dibidang yang diminatinya," tuturnya. (her/s)

#dinsos #Jawa Timur