Sabtu, 20 April 2024

Tim Humas Kemendag RI Studi Banding Pengelolaan Media ke Diskominfo Jatim

Diunggah pada : 16 Mei 2023 14:41:37 88
Ketua Tim Media Monitoring Biro Humas Kemendag RI, Sofia Mariana (tengah, jilbab biru muda) saat sesi foto bersama Plt. Kabid Informasi Publik Assyari (tengah, kopyah hitam) dan staf lainnya, usai diskusi studi banding di R. Argopuro, Lt. 2 Dinas Kominfo Jatim, Surabaya, Selasa (16/5/2023). Foto : Yanu / JNR

Jatim Newsroom – Tim Humas Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag RI) berkunjung ke Dinas Kominfo Povinsi Jawa Timur untuk studi banding terkait strategi dan pengelolaan konten media, Selasa (16/5/2023).

Rombongan tim humas Kemendag ini dipimpin oleh Ketua Tim Media Monitoring Biro Humas Kemendag RI, Sofia Mariana. Mereka disambut oleh Plt. Kepala Bidang (Kabid) Informasi Publik, H Assyari, Kabid Aplikasi dan Informatika (Aptika) Achmad Fadlil Chusni, dan Redaktur Jatim Newsroom Bidang Informasi Publik, Siti Saadah Hafidz, di R. Argopuro, Dinas Kominfo Jatim.

Ketua Tim Media Monitoring Biro Humas Kemendag RI, Sofia Mariana, menyampaikan, bahwa studi ini berangkat dari prestasi-prestasi yang sudah diraih oleh Diskominfo Jatim di kancah nasional terutama di bidang pengelolaan media kehumasan pemerintah, sehingga pihaknya ingin sekali belajar langsung  untuk lebih tahu banyak ilmu mengelola media dan konten informasi publik.

“Kami berkunjung ke sini mau menjalin silaturahmi dengan Diskominfo Jawa Timur dan studi banding. Karena yang kami tahu Diskominfo Jatim punya banyak prestasi di ajang penghargaan kehumasan. Contohnya, yang kami dengar belum lama ini Diskominfo Jatim memenangkan penghargaan Media Center Terbaik. Jadi, kami merasa Diskominfo Jawa Timur punya banyak point plus yang bisa menjadi masukan atau insight dalam pekerjaan kami sehari-hari, dan kami yakin bisa saling bekerja sama,” jelas Sofia.

Lebih lanjut, Sofia mengatakan dari studi banding ini banyak hal yang dapat diambil dan menginspirasinya dalam mengelola maupun memonitoring media.

“Dari hasil kami diskusi dan melihat-lihat fasilitas di Diskominfo Jatim, banyak hal yang menginspirasi kami. Contohnya dari pengelolaan studio, karena kami sendiri biasanya hanya live di Instagram belum punya banyak program yang belum dikembangkan seperti berita TV ataupun podcast. Jadi mungkin ke depannya kami bisa usulkan ke pimpinan untuk membuat program baru seperti yang ada di Diskominfo Jatim ini,” terangnya.

Dari kunjungan studi banding ini, Sofia berharap semoga ke depannya bisa tetap saling menjalin koordinasi dengan pengelola kehumasan di Diskominfo Jatim, agar bisa mengelola program bersama dengan lebih baik

Sementara itu, Plt. Kepala Bidang Informasi Publik, H Assyari, menyampaikan, pihaknya mewakili Kepala Dinas Kominfo Jatim menyambut baik kunjungan studi banding staf Kemendag RI ke Diskominfo Jatim ini.

“Terima kasih banyak atas kunjungannya ke Diskominfo Jatim ini, mudah-mudahan dengan pertemuan ini dapat menghasilkan banyak hal untuk saling menguatkan dan bisa saling memberikan hasil kepada pimpinan terkait bagaimana pengelolaan media yang baik,” kata Assyari. (vin/s)

#Diskominfo Jatim #kemendag #media