Minggu, 25 September 2022

Tim Dagongan KORMI Jatim Juara Umum FORNAS VI Sumatera Selatan

Diunggah pada : 6 Juli 2022 12:36:44 94

Jatim Newsroom– Tim dagongan atau olahraga dorong bambu putri asal kota Surabaya yang mewakili kontingen KORMI Jatim menyabet medali Emas. Partai Final harus mundur cukup lama karena menunggu kontingen Papua yang belum sempat hadir ke lokasi Fornas VI di Palembang.

Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Surabaya, Muhammad Sunar menjelaskan, pada perhelatan final dilangsungkan pada siang hari namun berubah menjadi malam hari pasca semua kontingen telah hadir secara lengkap.

“Alhamdulilah tim dagongan putri Surabaya berhasil menyabet medali emas, tak sia-sia perjuangan mereka menunggu karena jadwal pertandingan molor 6 jam,” kata Sunar melalui telepon selulernya. Selasa (5/7/2022) malam.

KORMI Surabaya makin memperkuat eksistensinya sebagai jawara olahraga tradisional di Fornas Palembang kali ini, sebab emas kedua juga diraih tim terompah panjang Putra yang berhasil mengalahkan tim dari Jabar dan Jateng.

“Jawara diraih setelah Surabaya, Jatim menggasak dua tim kuat lainnya, yaitu Tim Jabar dan Tim Terompah Panjang Jateng, yang finis dengan selisih waktu 5 detik saja,” kata Sunar.

Alhasil dengan kemenangan tersebut, M. Sunar Ketua Umum KORMI Surabaya dan Ketua KORMI Jatim Hudiyono langsung menyambut mereka dengan hangat d area shooting range JSC yang menjadi lokasi pertandingan.

Sebelumnya Tim Egrang Putri Surabaya yang terdiri dari Adelia Putri Fauzia (16th), Aulia Rahmawati(12th), Talitha Safa Syakirah (15th) dan Maria Angelina Tjondro (14th) berhasil menyabet Emas perdana kontingen Oltrad Jatim. Tim ini berhasil meningkatkan kualitasnya sebagai atlet olahraga tradisional, karena pada Fornas V 2019 Kaltim di Samarinda hanya mendapatkan medali Perak.

Sedangkan tim di kelas Hadang Putri meraih medali Emas, begitu juga dengan tim hadang Putra dari Bondowoso yang mengkandaskan peserta dari Banten. Tim Hadang Putri Surabaya sendiri menambahkan Medali Perunggu.

KORMI Jatim juga mencatat prestasi atlet beregu Kabupaten Sidoarjo yang meraih medali perak di kompetisi Jemparing dan perunggu di Gepuk Bantal. Sehingga total perolehan medali di Fornas VI Sumatera Selatan sebanyak 3 Emas (Surabaya), 2 Emas (Bondowoso), 1 Perak (kabupaten Sidoarjo) dan 2 Perunggu dari (kota Surabaya) & (kabupaten Sidoarjo)

Dengan perolehan tersebut, KORMI Jatim ditahbiskan sebagai juara umum Fornas ke enam yang digelar di Palembang. Dan trophy diberikan oleh pejabat Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Raden Isnanta M.Pd. kepada perwakilan kontingen Jawa Timur. (jal/hjr)

#Fornas Palembang