Rabu, 24 April 2024

Tiga Poktan Bojonegoro Menjuarai Lomba Agribisnis Tingkat Provinsi Jatim 2022

Diunggah pada : 29 September 2022 16:53:51 33
Kelompok Tani Sengon Agung ll asal Desa Sengon, Kecamatan Ngambon yang menjadi juara dua kategori Agrobisnis Jagung

Jatim Newsroom - Tiga Kelompok Tani (Poktan) asal Kabupaten Bojonegoro menjuarai lomba agribisnis tanaman pangan dan holtikultura tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Provinsi Jawa Timur.

Tiga poktan tersebut di adalah Kelompok Tani Sengon Agung ll asal Desa Sengon, Kecamatan Ngambon yang menjadi juara dua kategori Agrobisnis Jagung. Kedua adalah Kelompok Tani Mekar Sari asal Desa Ringinrejo Kecamatan Kalitidu menjadi juara dua kategori agrobisnis buah. Poktan ketiga adalah Kelompok Tani Bunda Arum Asal Desa Wedi, Kecamatan Kapas yang menjadi juara tiga kategori Pelaku Usaha Olahan Tanaman Pangan dan Holtikultura.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bojonegoro Helmi Elisabeth mengapresiasi penuh atas prestasi poktan asal Bojonegoro yang mampu berprestasi dan memberi contoh pada poktan lainnya.

"Selamat kepada poktan yang menang pada 3 kategori lomba agribisnis. Saya berharap, poktan yang menang menjadi contoh yang menyemangati seluruh poktan di Kabupaten Bojonegoro agar terus membenahi manajemen dan tata kelola kelembagaannya. Serta memperluas jaringan kerjasama dengan para pihak di sektor pertanian sehingga menjadi lebih produktif," tutur Helmi, Kamis (29/9/2022).

Helmi juga mengatakan bahwa pendampingan dari DKPP adalah terkait dengan peningkatan kapasitas kelembagaan. Baik kapasitas SDM maupun kapasitas usaha pertaniannya.

Ketua Kelompok Tani Sengon Agung ll, Beno Sukarno mengaku sangat bersyukur dan bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi kelompok petani di wilayah Bojonegoro.

Beno menjelaskan senang bisa menjadi juara dua se-Jatim yang diikuti seluruh perwakilan kelompok tani di berbagai wilayah dari 34 Kabupaten dan Kota. Penghargaan ini menjadi motivasi untuk selalu semangat dalam memajukan industri pertanian di Bojonegoro.

“Terimakasih kepada semua pihak khusus nya Ibu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten beserta jajarannya  yang telah ikut membantu dan mendukung , Kelompok Tani  Sengon Agung ll untuk selalu produktif dalam industri Pertanian. Tentunya support-nya selama ini memberikan bimbingan kepada kami sehingga bisa seperti ini," katanya. (yan/n)

 

 

#bojonegoro